Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A23-A23
Deskripsi:
Mengkaji dan menganalisis berbagai pokok bahasan tentang manajemen perguruan tinggi, khususnya yang berkaitan dengan asesmen kebutuhan perencanaan, sistem governansi, pengembangan staf, peraturan akademik, otonomi pengelolaan, budaya organisasi, kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik, pengembangan instruksional, administrator di perguruan tinggi, kemahasiswaan, pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Disusun sebagai sebuah program terbimbing dengan laporan mahasiswa yang disampaikan dalam temu tutorial dan seminar.
Capaian Pembelajaran
  • Bertaqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa, menunjukkan sikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan bidang kajian manajemen pendidikan tinggi melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional, dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, serta menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora pada bidang kajian manajemen pendidikan tinggi
  • Terampil dalam mengkaji melalui kegiatan riset dan/atau pengembangan pada bidang kajian manajemen pendidikan tinggi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk artikel ilmiah, dan mempublikasikannya pada jurnal nasional terakreditasi SINTA 3 dan/atau jurnal bereputasi internasional
Daftar Pustaka:
  • Altbach, P.G., & Berdahl, R.O. (eds). 1987. Higher Education in American Society. Buffalo, New York: Promentheus Books
  • Aspranawa, A.D.P., Wiyono, B.B, Imr4on, A., Huda, M. 2017. Management System Internal Quality Assurance Higher Education (Multi Case At Higher Education Universitas Gajah Mada “UGM”Yogyakarta, State Islamic Institute IAIN Tulungagung, Blitar Islamic University “UNISBA” Blitar. Journal of Social Science. Vol 6 (3) 2017. http://www.centreofexcellence.net/index.php/JSS/article/iew/jss.2017.6.4.762.774
  • Bargh, C, Bocock, J., Scott, P., & Smith, D. 2000. Univertsity Leadership: The Role of the Chief Executive. Philadelphia, P.A.: SRHE and Open University Press.
  • Bargh, C, Scott, P., & Smith, D. 2000. GoverningUniversiteis. Bristol, P.A.: SRHE and Open University Press.
  • Boud, D., & Solomon, N. (Eds.). 2001. Work-based Learning: A New Higher Education? Philadelphia, P.A.: SRHE and Open University Press.
  • Directorate General of Higher Education. 2003. Higher Education Long Term Strategy 2003-2010. Jakarta: Ministry of National Education, Republic of Indonesia.
  • Jarvis, P. 2001. Universities and Corporate Universities: The Higher Learning Industry in Global Society. Sterling, VA: Stylus Publishing Inc.