Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk mengenalkan mahasiswa pada konsep dasar penelitian, berbagai jenis penelitian dalam bidang kebahasaan dan kesastraan, serta berbagai metode penelitian terkait. Pada matakuliah ini mahasiswa juga diberi pengalaman menyusun rancangan penelitian dalam format matriks. Matakuliah ini memuat materi: (1) pemilihan topik penelitian; (2) perumusan masalah penelitian dan tujuan penelitian, atau fokus penelitian; (3) penyusunan hipotesis dan asumsi penelitian; (4) penentuan kajian teori yang sesuai; (5) pemilihan pendekatan dan metode penelitian; (6) penentuan teknik pengumpulan data; (7) penentuan instrumen penelitian; (8) penentuan teknik analisis data; (9) telaan laporan penelitian; serta (10) teknik penyusunan proposal penelitian dalam format matriks.
Capaian Pembelajaran
  • Memilih dan merumuskan masalah penelitian atau tujuan penelitian atau memaparkan fokus penelitian secara tepat
  • Memilih pendekatan penelitian secara tepat;
  • Memilih teori secara tepat serta memaparkannya secara jelas dan sistematis
  • Memilih metode penelitian secara tepat dan memaparkannya secara jelas dan operasional;
  • Menyusun rancangan penelitian secara tepat;
  • Menilai laporan penelitian secara tepat dan fungsional.
Daftar Pustaka:
  • 1. Ainin, M. 2013. Penelitian Pengembangan dalam Pembelajaran Bahasa Arab. OKARA, Vol. II, Tahun 8, November 2013.
  • 2. Bacon-Shone, j. 2015. Introduction to Quantitative Research Methods. Hongkong: Graduate School, The University of Hong Kong.
  • 3. Creswell, J.W. 2009. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Singapore: Sage.
  • 4. Depdiknas. 2008. Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Ditjen PMPTK.
  • 5. Gall, M.D., Gall, J.P., Borg, W.R. 2003. Educational Research, An Introduction. New York: Pearson Education, Inc.
  • 6. Latif, M. A. 2009. Penelitian Pengembangan. Malang: Pendidikan Bahasa Inggris, FS, Universitas Negeri Malang.
  • 7. Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
  • 8. Purnama, S. 2013. Metode Penelitian dan Pengembangan: Pengenalan untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab. LITERASI, Volume. IV, No. 1 Juni 2013.
  • 9. Silalahi, A. 2017. Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran. Makalah Disampaikan pada Seminar & Workshop Penelitian Disertasi Program Doktoral Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan pada Tanggal 3-4 Februari 2017.
  • 10. Suyitno, Imam. 2010. Karya Tulis Ilmiah: Teori, Pelatihan, dan Contoh. Bandung: Refika Aditama.
  • 11. Suyitno, Imam. 2010. Memahami Tindakan Pembelajaran: Cara Mudah Melakukan PTK. Bandung: Refika Aditama.
  • 12. Suyitno, Imam. 2018. Penelitian Deskripsi Kelas: Konsep Teoretis – Prosedur Analitis – Contoh Praktis. Jakarta: RajaGrafindo.
  • 13. Willis, J.W. 2007. Foundations of qualitative research: interpretive and critical approaches. United Kingdom: Sage Publications Ltd.