Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas berbagai pendekatan dalam studi Ilmu Komunikasi (semiotika, retorika, sibernetik,fenomenologi, sosiokultural, sosiopsikologis, kritis) dalam berbagai level komunikasi (pribadi, publik, dan profesional). Tujuan utama dari matakuliah ini yaitu untuk (1) menjelaskan sifat teori pada umumnya dan teori komunikasi pada khususnya, (2) melacak perkembangan penyelidikan teoretis di bidang komunikasi, (3) mengevaluasi kegunaan teori dengan menerapkan kriteria dan standar khusus, (4) membedakan antara asumsi meta-teoretis dan berbagai pendekatan teori komunikasi, (5) memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi dan menganalisis fenomena komunikasi secara sistematis dan kritis (berdasarkan pemahaman teori) dalam berbagai konteks, (6) mengasah keterampilan menulis individu dalam sebuah studi kasus.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu memahami konsep, ruang lingkup, tradisi, dan paradigma dalam Ilmu Komunikasi
  • Mahasiswa mampu memahami teori komunikasi berdasarkan level atau konteks komunikasi
  • Mahasiswa memiliki kepekaan sosial dan kemampuan berpikir kritis dalam mengidentifikasi fenomena komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
  • Mahasiswa mampu menganalisis fenomena komunikasi menggunakan teori komunikasi yang relevan
Daftar Pustaka:
  • Littlejohn, Stephen W, Karen A. Foss, John G, Oetzel. 2017. Theories of Human Communication Eleventh Edition. USA: Waveland Press
  • West & Turner. 2008. Introducing Communication Theory : Analysis and Application, 3 rd ed, Mc Graw Hill, New York
  • Griffin, EM. 2003. A First Look at Communication Theory. Fifth Edition. Boston: McGraw-Hill
  • Littlejohn, Stephen W. 2002. Theories of Human Communication. Seventh Edition. Belmont, CA: Wadsworth
  • McQuail, Dennis. 2000. Mc Quail's Mass Communication Theory. 4th edition. London: Sage Publications.
  • Miller, Katherine. 2002. Communication Theories: Perspective, Process, and Context. Boston: McGraw Hill.
  • Rogers, Everett M., 1997, A History of Communication Study: A Biographical Approach, New York: The Free Press.