Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A5H-SD3
Deskripsi:
Mata kuliah ini berisi tentang konsep, jenis, karakteristik, dan prosedur penerapan keterampilan pembelajaran meliputi keterampilan dalam membuka-menutup pembelajaran, menjelaskan, bertanya, memberikan penguatan, mengajar kelompok dan individual, membimbing diskusi, melakukan variasi pembelajaran, serta mengelola kelas untuk sekolah dasar. Mata kuliah ini juga berisi tentang pelaksanaan praktik dan evaluasi penerapan keterampilan pembelajaran secara terpisah dan terintegrasi dalam bentuk pembelajaran microteaching.
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis dan menerapkan keterampilan pembelajaran meliputi keterampilan dalam membuka-menutup pembelajaran, menjelaskan, bertanya, memberikan penguatan, mengajar kelompok dan individual, membimbing diskusi, melakukan variasi pembelajaran, serta mengelola kelas untuk sekolah dasar
  • Mempraktikan dan mengevaluasi pembelajaran microteaching dalam penerapan keterampilan pembelajaran secara terpisah dan terintegrasi secara berkelompok dan individual untuk sekolah dasar
Daftar Pustaka:
  • Archer, Anita L. Charles A. Hughes. (2011). Explicit Instruction: Effective and Eficient Teaching. New York: The Guilford Press
  • Arends, R., & Castle, S. (2011). Learning to teach (9th edition). New York: McGraw-Hill
  • Bruce Joyce, M.; Weil, & E. Calhoun. (2019). Models of Teaching (9th edition). Prentice Hall.
  • Kalaimathi, D. Hemalatha, R. Asir Julius. (2015). Micro Teaching-A Way to Build up Skills. New Delhi: Laxmi Book Publication
  • Indahyati. (2014). Modul Micro Teaching. Deepublish