Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
B23-TEP
Deskripsi:
Mengkaji dan mendalami prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah sebagai pengantar dasar dalam penulisan tesis. Penelitian ilmiah ini dilakukan dalam bidang pendidikan yang meliputi penelitian kualitatif, kuantitatif dan pengembangan. Beberapa topik yang dibahas antara lain: jenis metode penelitian, landasan teoritik dan filosofis, rancangan, dan data penelitian, kerja lapangan (field work), analisis data serta penulisan laporan penelitian. Pada akhir kuliah mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian untuk tesisnya.
Capaian Pembelajaran
  • Mengkonstruksi pemikiran dalam memecahkan permasalahan belajar-pembelajaran dan meningkatkan kualitas praktek teknologi pendidikan secara berkelanjutan.
  • Mengkonstruksi solusi dalam memecahkan permasalahan belajar-pembelajaran dan meningkatkan kualitas praktek teknologi pendidikan secara berkelanjutan.
  • Mediseminasikan pemikiran dan solusi dalam memecahkan permasalahan belajar-pembelajaran dan meningkatkan kualitas praktek teknologi pendidikan secara berkelanjutan.
Daftar Pustaka:
  • Setyosari, P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan edisi 4. Prenada Media.
  • Spector, J. M., Merrill, M. D., Elen, J., & Bishop, M. J. (Eds.). (2013). Handbook of research on educational communications and technology. Springer Science & Business Media.