Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A23-A23
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki dua bertujuan. Pertama, agar mahasiswa memahami substansi perkembangan literasi anak usia dini sebagai landasan pengembangan keterampilan membaca dan menulis. Untuk mencapai kompetensi itu mahasiswa diwajibkan mengkaji konsep dan landasan pengembangan literasi, prinsip-prinsip bimbingan pengembangan literasi, kelas yang terpusat pada literasi, kosa kata AUD melalui program literasi, Merespon dan mengkonstruksi makna, kemampuan menulis dan membangun makna, konstruksi model perkembangan kemampuan menulis, konsep penilaian portofolio dan portofolio literasi, berlatih menggunakan portofolio literasi, Berlatih menganalisis perkembangan kemampuan menulis anak usia dini. Penguasaan kompetensi mahasiswa dinilai melalui tes tulis, tugas terstruktur, dan penampilan atau perbuatan. Kedua, agar mahasiswa memahami anak sejak dini, anak-anak perlu dikenali kemampuan kreatifnya, inteligensinya, dan belajarnya. Generasi kreatif yang mengejawantahkan kemampuan berfikir produktif, kreatif, dan kritis harus mulai dibangun sejak dini. Sebuah evaluasi kritis lebih penting dalam pengembangan kreativitas anak, sebab jika ide-ide kreatif diimplementasikan tanpa evaluasi yang bijak yang peduli akan kemaslahatan umat, maka akan menghasilkan perbuatan yang tidak bijak. Oleh karena itu, pengembangan kreativitas saja tidak mencukupi dalam pendidikan anak usia dini. Perlu dipikirkan cara-cara yang menyenangkan (fun) dan berguna (useful) melalui berbagai aktivitas penjelajahan mental dan ide-ide produktif yang kreatif.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami dan menganalisis konsep kretivitas dan keberbakatan serta pendekatan pengemabnagn kreativitas anak usia dini
  • Memahami dan menganalisis kraktersitik, ciri-ciri dan, aspek yang berperan dalam pengembangan kreativitas anak usia dini
  • Memahami dan mengimplementasikan metode dan kegiatan dalam pengembangan kreativitas anak usia dini
Daftar Pustaka:
  • Tompkins, G.E. 2011. Literacy in The Early Grades. Boston: Pearson Education, Inc.
  • Gipayana, M. 2010. Pengajaran Literasi Fokus Menulis di SD. Malang: A3 (Asih, Asah, Asuh)
  • Goleman, D. 2006. Social Intelligence: The New Science of Human Relationships. New York: Bantam Books
  • Jim Lavin. 2008. Creative Approaches to Physical Education: Helping children to achieve their true potential. Milton Park, Abingdon, Oxon: Routledge