Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A22-TEP
Deskripsi:
Seminar dan publikasi hasil penelitian merupakan kegiatan pembelajaran didasarkan pada premis bahwa belajar dan aktifitas pembelajaran bergantung pada arah yang pebelajar tanyakan. Jadi tidak hanya fokus pada pencitraan masalah permasalahan, karena setiap belajar sesungguhnya akan terus menemukan masalah dan harus berupaya menghargai apa yang terbaik bagi pebelajar, dan untuk dapat menemukan, mengkonstruksi pengetahuan, sikap dan keterampilan mahasiswa berdasarkan kontek yang mahasiswa temukan dan dapat memperkuat penemuan mahasiswa untuk membangun masa depan di mana penemuan yang terbaik menjadi konstruksi pengetahuan, sikap dan keterampilan yang lebih umum dimasa yang akan datang.
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis dan memperdalam topik penelitian sebagai dasar keseluruhan proses proses pembelajaran. Topik-topik diangkat untuk menguatkan mahasiswa agar fokus pada sesuatu yang benar-benar ingin diliha dan diteliti. Serta mengungkap fenomena yang terjadi dan yang berpotensi memberi pengetahuan, sikap dan keterampilan pada pebelajarmasa kini dan masa depan. Penguatan tema penelitian agar kajian terus dapat diupdate dan menjadi temuan yang strategis.
  • Menganalisis dan memperdalam pengakuan ilmiah terhadap prosedur, instrument, pengumpulan, dan pengolahan data yang tepat dan benar. Mahasiswa berupaya menemukan hakikat dan kebenaran proses dan hasil penelitian pada konteksnya. Hal tersebut juga sebagai upaya membangun realitas baru yang melibatkan pengumpulan data dan eksplorasi yang berkaitan dengan penelitian
  • Penelitian dilakukan dalam rangka menciptakan visi yang berorientasi pada hasil yang dikonstruksi secara bersama untuk masa depan
  • Membangun publikasi ilmiah dari hasil upaya penelitian yang dilakukan. Publikasi dimaknai sebagai pengakuan pemberdayaan pebelajar secara utuh, bekerja sama dan berkolaborasi, dengan cara baru, berinovasi, dan desruptif
Daftar Pustaka:
  • Merrill, M. D., Van Merrienboer, J. J., & Driscoll, M. P. (2008). Handbook ofresearch on educational communications and technology (Vol. 3). J. M. Spector (Ed.). New York: Lawrence Erlbaum Associates.