Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
C22-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Desain Pembelajaran merupakan matakuliah yang mengkonstruksi bagaimana mendesain pembelajaran dengan menerapkan konten pedagogy melalui pengembangan diri menjadi praktisi yang mampu menunjukkan Desain Pembelajaran melalui pemanfaatan proses-proses dan sumber-sumber belajar mutakhir. Desain pembelajaran dilakukan melalui pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, evaluasi, dengan mempertimbangkan keragaman dan kode etik profesi teknologi pendidikan yang dilakukan secara faktual, konseptual dan prosedural dalam konteks keilmuan desain pembelajaran
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan dalam memberikan penguatan mengelola konten pedagogi sebagai upaya peningkatan belajar dan pembelajaran dan kinerja, menerapkan teknologi dan proses, studi dan penilaian belajar dan pembelajaran (unsur pengetahuan).
  • Mahasiswa memiliki siakap dalam mengkonstruksi pembelajaran dalam menghargai keilmuan pengelolaan pembelajaran, kepekaan terhadap pebelajar sebagai pengguna hasil desain sebagai salah satu lingkungan belajar dalam etika akademik yang responsif dan adaptif (unsur sikap).
  • Mahasiswa memiliki kemampuan dalam berpikir logis, kritis dan inovatif terhadap kemandirian berpikir dan bertanggung jawab baik secara pribadi maupun secara berkelompok sehingga secara khusus dapat menunjukkan, melakukan pengelolaan proses desain pembelajaran berdasarkan keragaman pebelajar dan lingkungan yang multikultural
Daftar Pustaka:
  • Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
  • Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology . New York, NY: Springer.