Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Konsep dan ruang lingkup konsep pendidikan seni, meliputi: (a) relevansi seni dan pendidikan berdasarkan tinjauan filosofis, psikologis dan sosiologis; (b) perkembangan pendidikan seni di panca benua baik di negara-negara berkembang dan negara maju; (c) perkembangan pendidikan seni di Indonesia mulai awal kemerdekaan, tahun 60 – 70-an, 70-an hingga kini; (d) fungsi dan tujuan program pengajaran seni mencakup justifikasi kontekstual dan esensial, tujuan ekspresi dan instruksional; (e) sistem pengajaran seni meliputi sistem pewarisan, pecantrikan, akademik, dan sanggar; dan (f) analisis perbedaan relevansi pendidikan seni aktual di persekolahan dan di luar persekolahan dari segi konsep pensen, fungsi, tujuan dan program pengajaran.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dasar filosofis, psikologis, dan sosiologis keberadaan seni dalam pendidikan terkait hakekat pendidikan seni diberikan di sekolah.
  • Menguasai konsep, fungsi, dan tujuan pendidikan seni di sekolah untuk menganalisis fenomena perkembang-an pendidikan seni di Indonesia dan manca negara.
  • Menguasai hakekat konsep, fungsi, tujuan, dan sistem pendidikan seni untuk menganalisis perbedaan relevansi pendidikan seni di sekolah umum dan kejuruan ataupun non persekolahan dalam konteks kekinian.
Daftar Pustaka:
  • Sajono. Surabaya: IKIP (buku)
  • Chapman, Laura H. Pendekatan Pendidikan Seni. Terjemahan
  • Pranjoto Setjoatmodjo. 1980. Konsep Pendidikan Seni. Malang: IKIP/PPPT (materi penataran)
  • Ki Hajar Dewantoro. 1961. Karya Ki Hajar. Yogyakarta: Taman siswa (buku)
  • Iriaji, 2011. Konsep dan Strategi Pembelajaran Seni Budaya. Malang: Pustaka Kaiswaran.
  • Soehardjo, AJ. 1977. Metode Pengajaran Seni (Metodik Art). Malang: diterbitkan sendiri (materi perkuliahan)
  • Soehardjo, AJ. 2005. Pendidikan Seni dari Konsep sampai Program. Malang: Jurusan Seni dan Desain FS-UM
  • UNESCO. 1972. Laporan tentang Pendidikan Seni. Terjemahan A.J Soehardjo. 1974. Malang: IKIP/PPPT (buku)
  • Wickiser, Ralph L. Menuju Kependidikan Seni. Terjemahan A.J Soehardjo. 1974. Malang: IKIP/PPPT (buku)
  • GBPP Pendidikan Seni SD/SMP/SMU 1975, 1984, 1994 dan KBK.
  • Ross, M. 1978. The Creative Arts (ringkasan bagian fungsi seni dalam pendidikan). London: Heineman Education Books (handout).
  • Eisner, Eliot W. 1972. Educational Artistic Vision. (ringkasan bagian Why Teach Art?) New York: The Macmillan Coy (handout).
  • Perkembangan Pendidikan Seni di Indonesia: disusun berdasarkan tulisan L. Gelder, A. Groen dll (handout)
  • Model-model Pengajaran Seni: disusun berdasarkan tulisan M. Griff dan V. Lanier (handout).
  • Masalah Pendidikan Seni, Media Masa (kliping).