Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
FF-FF
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas mengenai Hakikat manajemen stratejik; visi dan misi dalam bisnis; hakikat audit eksternal perusahaan; hakikat audit internal perusahaan; analisis dan pilihan strategi; penerapan strategi pada isu-isu manajemen, operasi, pemasaran, dan posisi produk; pengkajian ulang, pengevaluasian, dan pengendalian strategis; serta kajian empiris tentang kasus-kasus dalam manajemen strategis perusahaan
Capaian Pembelajaran
  • 3.1. Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menguasai hakikat dan elemen utama dalam manajemen stratejik sehingga mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi (CPMK 1)
  • 3.2. Mahasiswa mampu memahami, mengaplikasikan, dan mengevaluasi proses perumusan strategis dalam perusahaan, proses penilaian eksternal perusahaan dan proses penilaian internal perusahaan, sehingga mahasiswa mampu secara mandiri mendisain proses bisnis (CPMK 2)
  • 3.3. Mahasiswa mampu memahami, merumuskan, mengaplikasikan, dan mengevaluasi macam-macam strategi dalam tindakan berdasarkan tujuan jangka panjang serta membangun pikiran kritis dalam analisis pilihan strategi, sehingga mahasiswa mampu menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang kebutuhan informasi untuk pengambilan keputusan (CPMK 3)
  • 3.4. Mahasiswa mampu memahami dan mengevaluasi persoalan penerapan strategis, mulai dari hakikat penerapan strategis, pengelolaan aspek-aspek yang mempengaruhi penerapan strategis hingga permasalahan dalam penerapan strategis, serta membangun sikap analitik mahasiswa melalui pemberian contoh kasus sehingga mahasiswa mahasiswa mampu menyusun laporan hasil analisis atas non keuangan serta pengungkapan terkait yang relevan dan andal untuk pengambilan keputusan manajerial (CPMK 4)
  • 3.5. Mahasiswa mampu memahami proses evaluasi strategis melalui kerangka kerja evaluasi strategi, serta membangun sikap analitik mahasiswa melalui penyampaian contoh kasus nyata oleh mahasiswa sehingga mahasiswa mampumenerapkan pikiran kritis dalam analisis dan menentukan pilihan strategi (CPMK 5)
Daftar Pustaka:
  • David, F. R., 2013, Strategic Management: Concept and Cases, 14th Ed, Pearson International Edition
  • Siagian, S. P., 2011, Manajemen Strategik, Jakarta: Bumi Aksara