Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
I-I
Deskripsi:
Pengelolaan
laboratorium:
pengertian laboratorium; desain laboratorium; fasilitas laboratorium; peranan
laboratorium dalam pembelajaran. Keselamatan
dan keamanan laboratorium: sumber terjadinya kecelakaan; perlengkapan
keselamatan; pertolongan pertama pada kecelakaan. Pengenalan dan pemeliharaan alat-alat laboratorium: alat-alat
gelas, porselen dan plastik; alat-alat logam; alat-alat optik; alat-alat
elektrik. Pengenalan dan penanganan
bahan kimia: penggolongan bahan kimia; karakteristik bahan kimia; pengelolaan
bahan kimia. Penggunaan mikroskop: prinsip kerja mikroskop; pengenalan
macam-macam mikroskop; perawatan mikroskop. Penggunaan bermacam-macam neraca: cara kerja berbagai neraca
elektrik dan manual; fungsi khusus masing-masing neraca, keunggulan dan kekurangan
masing-masing neraca; sumber-sumber kesalahan dalam pengukuran. Pengukuran volume dengan berbagai macam
alat volumetrik: macam-macam alat volumetrik (gelas dan pipet), fungsi dan
penggunaan masing-masing; kesalahan dalam pengukuran. Pengukuran pH larutan: pengertian pH, larutan penyangga, indikator
pH; cara kerja dan penggunaan pH meter. Penggunaan
termometer: macam-macam termometer, fungsi dan penggunaan masing-masing;
kesalahan dalam pengukuran suhu. Pembuatan
larutan dengan berbagai satuan konsentrasi: pengertian molaritas,
molalitas, normalitas, persen berat, persen volume, ppm; cara pembuatan
larutan; pengenceran larutan. Penggunaan
sentrifus: prinsip kerja; fungsi dan penggunaan macam-macam sentrifus. Pemisahan molekul dari bahan biologis:
prinsip pemisahan molekul; mekanisme kerja metode pemisahan (dialisis dan
macam-macam kromatografi). Penggunaan
spektrofotometer: prinsip kerja; fungsi dan penggunaan macam-macam
spektrofotometer
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengelolaan laboratorium sains
Mahasiswa mampu merancang desain laboratorium yang representatif
Mahasiswa mampu menguasai konsep, prinsip dan prosedur penggunaan alat-alat laboratorium, terutama di bidang biologi secara disiplin dan bertanggung jawab
Mahasiswa mampu melakukan pembuatan larutan dengan berbagai satuan konsentrasi
Barker, K. 1998. A Laboratory Navigator. New York: Cold Spring Harbor Laboratory Press.
Brink, O.G., Flink, R.J. dan Sachri, S. 1984. Dasar-dasar Ilmu Instrumen. Jakarta: Bina Cipta.
Jurusan Biologi Institut Teknologi Bandung. 1988. Panduan Penggunaan Peralatan Biologi
Manual Alat-alat Laboratorium.
Nur, M.A., Rukmini, H. dan Adijuwana, H. 1989. Teknik Laboratorium untuk Bidang Biologi dan Kimia. Bogor: PAU IPB
Tenzer, A., dan Setiowati, F.K. Petunjuk Praktikum Teknik Laboratorium. Malang: Jurusan Biologi FMIPA UM
Wirjosoemarto, K., Adisendjaja, Y.H., Supriatno, B., dan Riandi. 2004. Teknik Laboratorium. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI - IMSTEP JICA
- Teacher: I Wayan Sumberartha