Tahun Akademik:
Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
M-M
Deskripsi:

History of life:Biologi sebagai sains Ciri-ciri makhluk hidup (living things and non-living things). Tingkat Organisasi kehidupan: Hirarki kehidupan (atom, molekul, senyawa, organel, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, biosfer). Metabolisme:Metabolisme mencakup anabolisme dan katabolisme, prinsip-prinsip metabolisme, metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak secara umum. Sistem Pencernaan Makanan:Organ-organ yang terlibat dalam sistem pencernaan, proses makanan yang dicerna secara fisik & kimiawi, dan mekanisme pencernaan. Sistem Respirasi:Organ-organ yang terlibat dalam sistem respirasi, gejala fisik dan mekanisme respirasi. Sistem Sirkulasi: Organ-organ yang terlibat dalam sistem sirkulasi, gejala fisik dan mekanisme sirkulasi. Sistem Reproduksi: Organ-organ yang terlibat dalam sistem reproduksi, gejala fisik dan mekanisme reproduksi serta cara perkembangbiakan pada berbagai jenis hewan
. Sistem Ekskresi:Organ-organ yang terlibat dalam sistem ekskresi, gejala fisik dan mekanisme ekskresi. Sistem Koordinasi:Organ-organ yang terlibat dalam sistem koordinasi, gejala fisik dan mekanisme koordinasi. Sistem Gerak:Organ-organ yang terlibat dalam sistem gerak, gejala fisik dan mekanisme terjadinya gerak. Dasar-dasar genetika dan bioteknologinya:Variasi, mutasi dan hubungannya dengan bioteknologi. Ekologi Dasar dan Etologi: Ekosistem, Komunitas, Populasi; Etologi (Perilaku sebagai akibat pengaruh: genetis dan lingkungan, proses belajar, refleksi sosial).


Capaian Pembelajaran
  • Mampu menguasai konsep dasar biologi dan teknologinya

  • Mampu menganalisis dan mempresentasikan topik mengenai anatomi dan fisiologi manusia/hewan serta pengaruh gejala fisik dan mekanismenya

  • Mampu menganalisis dan mempresentasikan topik mengenai dasar-dasar genetika dan ekologi

Daftar Pustaka:
  • Campbell, Neil A., Reece, Jane B., Taylor, Martha R., and Simon, Eric J. 2006. Biology, Concepts and Connection. San Fransisco: Pearson Education.

  • Campbell, Neil A. and Reece, Jane B. 2005.Biology 7th Edition. San Fransisco: Pearson Education.

  • Soewolo, Basoeki S, Yudani T.1999. Fisiologi Manusia. Malang: IMSTEP-JICA, FMIPA, Universitas Negeri Malang

  • Soewolo, 2000. Pengantar Fisiologi Hewan., Jakarta: Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah. IRBD Loan No.3979. Dirjen Dikti. Dirjen Dikti. Departemen Pendidikan Nasional.