Gasal 2018/2019
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Konsep dasar ilmu
kewarganegaraan, karakteristik ilmu kewarganegaraan; ilmu pembentuk dan ilmu
bantu ilmu kewarganegaraan, kedudukan ilmu kewargnegaraan dalam kerangka
ilmu-ilmu sosial; warga negara, orang asing dan kewarganegaraan; hak dan
kewajiban warga negara; peran warga negara dalam bidang-bidang kehidupan
Ipoleksosbudhankam dan religius); sosialisasi hak dan kewajiban dalam kehidupan
sejawat.
Capaian Pembelajaran
Menguasai konsep dan karakteristik ilmu kewarganegaraan
Mendudukkan ilmu kewarganegaraan dalam kerangka ilmu-ilmu sosial.
Menganalisis konsep warga negara dan kewarganegaraan dalam rangka menggali hak dan kewajiban yang melekat pada diri seorang warga negara dan aplikasikasinya dalam praktik kehidupan (ipoleksosbudhankam dan religius).
Mensosialisasikan hak dan kewajiban dalam kehidupan sejawat warga negara.
Al Hakim, Suparlan. 1985. Ilmu Kewarnegaraan (Konsep Dasar, Kedudukan dan Hubungannya dengan Ilmu-imu Sosial lainnya). Modul. Nomor 057/IKN/1. Jakarta: Depdiknas. Dirjen Dikti UT PBJJ
Al Hakim, Suparlan. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Konteks Indonesia. Malang. UM Press.
Cholisin. 2002. Kewarganegaraan. Diklat Kurkulum Terintegrasi. Jogyakarta 2002.
Paulus. 1983. B.P. Kewarganegaraan Republik Indonesia Ditinjau dari UUD 1945. Jakarta: Pradnya Paramita.
Somantri, Numan. 1976. Metode Mengajar Civics. Jakarta: Erlangga.
Undang-undang Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.\Dimond, E. Stnaley & Elmer F. Pflieger. 1965. Civics for Citizens. New York: J.B. Lippincott Companey.
- Teacher: Suparlan Al Hakim Drs. , M.Si