Tahun Akademik:
Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
D2-D2
Deskripsi:

Konsep dasar belajar dan pembelajaran, ragam teori belajar serta implikasinya dalam menentukan aktivitas pembelajaran, karakteristik tiap teori beserta analisa pemilihan teori dan pendekatan belajar, komponen pembelajaran dan analisa kebutuhan dalam pembelajaran, serta ragam teori pembelajaran serta strategi implementasinya.

Pendekatan belajar yang digunakan melibatkan pembelajaran berorientasi pada pengalaman nyata dan penyelesaian masalah pembelajaran dilingkungan kegiatan pendidikan. Materi dan pengalaman belajar dirancang untuk melibatkan mahasiswa lebih aktif dalam berkontribusi menyelesaikan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan pendidik secara umum.

Mahasiswa pada akhirnya dapat merancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan hasil kegiatan analisis dari aspek karakteristik peserta didik, landasan pendidikan dalam bingkai budaya Indonesia dan konteks kehidupan global yang beradab, teori belajar dan praktik pembelajaran, dengan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi secara bertanggungjawab, dengan memperhatikan tata cara dan etika ilmiah, melalui pemikiran logis, kritis, antisipatif, kreatif, inovatif, dan fleksibel.


Capaian Pembelajaran
  • Mendefinisikan hakikat belajar pembelajaran sesuai konteks peradaban masyarakat

  • Memilih teori belajar dan pembelajaran berdasarkan analisis komponen pembelajaran


  • Mengidentifikasi komponen pembelajaran sebagai suatu sistem


  • Mengidentifikasi determinan yang berpengaruh dalam proses belajar secara cermat


  • Mengklasifikasi model-model pembelajaran menurut rumpunnya


  • Menggunakan teori belajar dan pembelajaran sesuai kebutuhan


  • Menerapkan prinsip belajar dan pembelajaran yang spesifik


  • Menerapkan prinsip kurikulum dalam melaksanakan model pembelajaran


  • Merancang pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik


Daftar Pustaka:
  • Ansyar, M. dan Nurtain. 1991. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: P2LPTK Depdikbud

  • Arikunto, S. 1991. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara

  • Depdikbud. 1989. Pedoman Proses Belajar Mengajar di Sekolah Menengah. Jakarta: Depdikbud

  • Hamalik, O. 1990. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Citra Aditya Bakti

  • Kaber, A. 1998. Pengembangan Kurikulum. Jakarta: P2LPTK Depdikbud

  • Nasution, S. 1989. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara

  • Richard E. Mayer. Handbook of Research on Learning and Instruction (Educational Psychology Handbook Series).