Tahun Akademik:
Gasal 2018/2019
Kelas-Offr:
B-H
Deskripsi:

Konsep dan prinsip komunikasi verbal dan non verbal, ruang lingkup, unsur dan prinsip komunikasi, model komunikasi, persepsi sebagai inti komunikasi, komunikasi verbal dan non verbal, etika komunikasi dan soft skill, serta praktek komunikasi (mendengar, berbicara, verbal dan tulisan)


Capaian Pembelajaran
  • 1. Mengkaji konsep dasar komunikasi

  • 2. Mengklasifikasikan bentuk dan model komunikasi

  • 3. Menganalisis strategi, fungsi, dan aspek komunikasi dalam pendidikan

  • 4. Mempraktikkan komunikasi pendidikan dalam bidang boga secara verbal, maupun non verbal

  • 5. Menelaah teori dan konsep dasar etika profesi

  • 6. Mengidentifikasi kode etik profesi tenaga pendidik

  • 7. Mengintegrasikan etika profesi guru dalam pembelajaran, berdasarkan kode etik guru dan komunikasi pendidikan dalam bidang boga

Daftar Pustaka:
  • 1. Cangara, H. 1998. Pengantar lmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

  • 2. Danim, S. 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

  • 3. Martha, S. S. 2014. Handbook on Communication Skills. file:///F:/BUKU/hand-boook-of-communication-skills.pdf

  • 4. Mulyana, D. 2008. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar

  • 5. Rifqie Mariana, R.  2013. Modul Komunikasi Pendidikan. UniversitasNegeri Malang

  • 6. Saondi, O., & Suherman, A.  2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama

  • 7. Sutarsih, Cicih 2012. Etika Profesi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama