Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
C9-PLS
Deskripsi:
Capaian Pembelajaran
Kontrak belajar
Mahasiswa Menguasai konsep sex dan gender, perbedaan sex dan gender, feminine, maskulin,
Mengenali isu-isu gender dalam berbagai bidang kehidupan (keluarga, tempat kerja, di masyarakat).
Menguasai konsep pengarusutamaan gender dalam bidang pendidikan baik formal, nonformal, informal.
Memahami cara mengimplementasikan ideology gender kedalam perencanaan pembelajaran, pengembangan kurikulum, pengembangan bahan ajar, pengembangan alat dan media pembelajaran, pengembangan sarana dan prasana pembelajaran.
UJIAN
Herawati dkk, 2002. Wawasan Gender,. Malang, CV Sigma Media
-------------------------. Permasalahan Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki, malang: CV Sigma Media.
Asmah, Siti dan S.Mundzir . 2010. Pendidikan Keluarga dan Pola Asuh responsive Gender. Malang: Lembaga Penelitian UM.
Ministry of Education, 2004. Potition paper Gender Mainstreaming in Education Sector, Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional, 2006.Naskah Akademik Pendidikan Keluarga Berwawasan Gender. Jakarta: Kemdiknas
------------------------.2003. Bahan Ajar Berwawasan Gender. Jakarta:Kemdiknas
Tim Gender dan Inklusi Sosial Indonesia Australia Partnership for Basic Education. 2007. Pembelajaran Inklusif Gender. Jakarta:KemDikbud
Dikbud Prov.Jateng.2005. Modul Penyadaran Gender Bagi pendidik.
- Pengajar: Rezka Arina Rahma