Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:

Konsep Dasar Promosi dan Pendidikan Kesehatan (Sejarah Promkes) meliputi a. Healthy public policy b. Community action c. Supportive environment d. Reorient health service dan e. Developing personal skill; Sejarah, Konsep dan Prinsip Promkes (Program Promosi Kesehatan Di Indonesia); Strategi Promkes (Kemitraan Dan Pemberdayaan); Advokasi (Konsep, Strategi Dan Teknik); Teori dan Perubahan Perilaku Kesehatan; Determinan Perilaku Kesehatan;
Metode dan Media Promkes; Konsepsi Dasar Pesan-pesan Promosi Kesehatan; Promosi Kesehatan di Berbagai Tatanan (Setting Promkes); Kompetensi Petugas Promosi Kesehatan; Promosi Kesehatan Di Tingkat Global.



Capaian Pembelajaran
  • 1. Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar promosi kesehatan dan ilmu perilaku meliputi sejarah dan prinsip promkes, strategi promosi kesehatan, teori ilmu perilaku, dan promosi kesehatan di berbagai setting

  • 2. Mahasiswa mampu menganalisis secara komprehensif, logis dan sistematis konsep dasar promosi kesehatan dan ilmu perilaku

  • 3. Mahasiswa mampu menentukan pesan promosi kesehatan di berbagai setting, menilai kompetensi petugas promosi kesehatan yang dibutuhkan dan mengkorelasikan promosi kesehatan tingkat lokal dengan tingkat global

Daftar Pustaka:
  • 1. Notoatmojo, Soekidjo. 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta

  • 2. Kicbusch Illona (1996) Setting objective, The Health Promotion Challenge, Keynote Healthy People 2000, Consortium Meeting. New York

  • 3. World Health Organization (1989) Health Promotion in Developing Countries. Devision of Health Educatioin and Promotion, Genova

  • 4. Nutbeam D, Harris E, Wise W. 2010. Theory in a nutshell: a practical guide to health promotion theories. Sydney, AU: McGraw-Hill

  • 5. DiClemente RJ, Crosby RA, Kegler MC. 2009. Emerging theories in health promotion practice. US: Josey-Bass A Wiley Imprint.

  • 6. Tones K & Green J. 2004. Health promotion: planning and strategies. London: SAGE Publications.