Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Konsep Dasar Promosi dan Pendidikan Kesehatan (Sejarah Promkes) meliputi a. Healthy public policy b. Community action c. Supportive environment d. Reorient health service dan e. Developing personal skill; Sejarah, Konsep dan Prinsip Promkes (Program Promosi Kesehatan Di Indonesia); Strategi Promkes (Kemitraan Dan Pemberdayaan); Advokasi (Konsep, Strategi Dan Teknik); Teori dan Perubahan Perilaku Kesehatan; Determinan Perilaku Kesehatan;
Metode dan Media Promkes; Konsepsi Dasar Pesan-pesan Promosi Kesehatan; Promosi Kesehatan di Berbagai Tatanan (Setting Promkes); Kompetensi Petugas Promosi Kesehatan; Promosi Kesehatan Di Tingkat Global.
Capaian Pembelajaran
1. Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar promosi kesehatan dan ilmu perilaku meliputi sejarah dan prinsip promkes, strategi promosi kesehatan, teori ilmu perilaku, dan promosi kesehatan di berbagai setting
2. Mahasiswa mampu menganalisis secara komprehensif, logis dan sistematis konsep dasar promosi kesehatan dan ilmu perilaku
3. Mahasiswa mampu menentukan pesan promosi kesehatan di berbagai setting, menilai kompetensi petugas promosi kesehatan yang dibutuhkan dan mengkorelasikan promosi kesehatan tingkat lokal dengan tingkat global
1. Notoatmojo, Soekidjo. 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta
2. Kicbusch Illona (1996) Setting objective, The Health Promotion Challenge, Keynote Healthy People 2000, Consortium Meeting. New York
3. World Health Organization (1989) Health Promotion in Developing Countries. Devision of Health Educatioin and Promotion, Genova
4. Nutbeam D, Harris E, Wise W. 2010. Theory in a nutshell: a practical guide to health promotion theories. Sydney, AU: McGraw-Hill
5. DiClemente RJ, Crosby RA, Kegler MC. 2009. Emerging theories in health promotion practice. US: Josey-Bass A Wiley Imprint.
6. Tones K & Green J. 2004. Health promotion: planning and strategies. London: SAGE Publications.
- Teacher: Suci Puspita Ratih