Tahun Akademik:
Gasal 2018/2019
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • Berperan serta dalam pemecahan masalah masyarakat melalui dialektika antara wawasan konseptual teoritik dengan realitas sosial berdasarkan kearifan lokal.


  • Menerapkan prosedur: identifikasi masalah, pengumpulan data, penyusunan alternatif solusi, pemilihan solusi, peyusunan rencana aksi, penyadaran dan advokasi, pelaksanaan aksi, asesmen dan refleksi, dan pelaporan

  • Menggalang kolaborasi antara dosen pembimbing, mahasiswa, kelompok sosial, pemerintah dan/atau dunia usaha/industri dalam memecahkan masalah masyarakat.


  • Berempati kepada warga masyarakat yang mengalami masalah masyarakat.


Daftar Pustaka:
  • Albert, H. 2004. Risalah Pemikiran Kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


  • Marcuse, H. 2004. Rasio dan Revolusi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

  • McCarthy, T. 2006. Teori Kritis Jurgen Habermas. Yogyakarta: Kreasi Wacana.


  • Newmann, F.M. 1975. Education for Citizen Action. California: McCuthan Publishing.


  • Nugroho, H. 2000. Menumbuhkan Ide-ide Kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


  • The world we want foundation. 2012.  Creat the World You Want - A Social Action Project Guide.(Online) (http://www.theworldwewantfoundation.org/two-examples-social-action-projects) diakses 15 Mei 2013.

  • Budimansyah, Dasim. 2009. Inovasi Pembelajaran: Project Citizen. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Sekolah Pascasarjana, UPI.


  • Fernandes, W & Tandon, Rajesh. 1993. Riset Partisipatoris, Riset Pembebasan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


  • Habermas, J. 2006. Rasio dan Rasionalisasi Masyarakat. Yogyakarta: Kreasi Wacana.


  • Horkheimer, M dan Adorno, T.W. 2002. Dialektika Pencerahan. Yogyakarta: IRCiSoD.


  • Jauy, M. 2005. Sejarah Mazhab Frankfut. Imajinasi Dialektis dalam Perkembangan Teori Kritis. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

  • Kleden, I. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan. Jakarta: Kritik Kebudayaan.

  • Kelner, D. 2003. Teori Sosial Radikal. Yogyakarta: Syarikat.


  • Margono. 2012. Model-model Pendidikan Nilai. Makalah disajikan dalam Lokakarya Silabus Jurusan Sejarah UM.