Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
D5-D5
Deskripsi:

Wawasan teoritik dan kontekstual tentang lintasan perkembangan manusia (life span developmental/ developmental trajectory); isu-isu dan faktor-faktor perkembangan; prinsip perkembangan; aspek-aspek perkembangan peserta didik (fisik-psikomotorik, kognitif, bahasa, moral-spiritual, sosial, emosi) dalam bingkai budaya Indonesia dan dalam konteks kehidupan global; tugas perkembangan setiap periodisasi perkembangan peserta didik; karakteristik anak berkebutuhan khusus dan gangguan perkembangan; asesmen pemahaman individu peserta didik; diagnosis perkembangan peserta didik dan solusi masalah perkembangan peserta didik.


Capaian Pembelajaran
  • Menelaah secara mendalam hakikat perkembangan peserta didik
  • Menelaah teori perkembangan
  • Menelaah aspek-aspek perkembangan peserta didik
  • Menelaah karakteristik perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
  • Menerapkan langkah-langkah diagnosis perkembangan peserta didik
  • Menganalisis ketercapaian tugas perkembangan peserta didik
Daftar Pustaka:
  • Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus, Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Jakarta: PT. Refika Aditama


  • Triyono, dkk. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

  • Wade, C. & Tavris, C. 2008. Psikologi. Alih bahasa: Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga.
  • Elliot, S. N.; Kratochwill, T. R.; Littlefield, J; dan Travers, J. F. 1996. Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. Chicago: Brown & Bencmark.
  • Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan oleh Istiwidayanti, dkk. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  • Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

  • Hallahan, D.P. & Kauffman, J.M. 2006. Exceptional Learners: Introduction to Special Education. USA: Pearson.

  • Hurlock, Elizabeth B. 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

  • Kail, R.V. 2010. Children and Their Development. New Jersey: Pearson Education.

  • Santrock. J. W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup.(edisi kelima) Jakarta: Erlangga

  • Santrock, J.W. 2004. Child Development. Boston: McGraw-Hill.

  • Santrock, J.W. 2012. Adolescence: Perkembangan Remaja. Alih Bahasa: Shinto D. Adelar & Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga.

  • Slavin, R. E. 2006. Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson Education, Inc.