Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
D-G1P
Deskripsi:

Matakuliah praksis sosial berisi projek mahasiswa untuk bergotong royong bersama masyarakat dalam memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat berbasis kearifan lokal. Secara khusus matakuliah ini berisi rumusan masalah spesifik yang dihadapi masyarakat tertentu, data tentang penyebab dan sumber untuk mengatasi masalah tersebut, alternatif pemecahan masalah, pilihan pemecahan masalah sebagai solusi yang paling layak untuk dilakukan, rencana tindakan, penyadaran dan advokasi, pelaksanaan tindakan, dampak tindakan, evauasi, dan pelaporan/komunikasi.


Capaian Pembelajaran
  • Berperan serta dalam pemecahan masalah masyarakat melalui dialektika antara wawasan konseptual teoritik dengan realitas sosial berdasarkan kearifan lokal.


  • Menerapkan prosedur: identifikasi masalah, pengumpulan data, penyusunan alternatif solusi, pemilihan solusi, peyusunan rencana aksi, penyadaran dan advokasi, pelaksanaan aksi, asesmen dan refleksi, dan pelaporan

  • Menggalang kolaborasi antara dosen pembimbing, mahasiswa, kelompok sosial, pemerintah dan/atau dunia usaha/industri dalam memecahkan masalah masyarakat.


  • Berempati kepada warga masyarakat yang mengalami masalah masyarakat.


Daftar Pustaka:
  • Albert, H. 2004. Risalah Pemikiran Kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


  • Marcuse, H. 2004. Rasio dan Revolusi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

  • McCarthy, T. 2006. Teori Kritis Jurgen Habermas. Yogyakarta: Kreasi Wacana.


  • Newmann, F.M. 1975. Education for Citizen Action. California: McCuthan Publishing.


  • Nugroho, H. 2000. Menumbuhkan Ide-ide Kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


  • The world we want foundation. 2012.  Creat the World You Want - A Social Action Project Guide.(Online) (http://www.theworldwewantfoundation.org/two-examples-social-action-projects) diakses 15 Mei 2013.

  • Budimansyah, Dasim. 2009. Inovasi Pembelajaran: Project Citizen. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Sekolah Pascasarjana, UPI.


  • Fernandes, W & Tandon, Rajesh. 1993. Riset Partisipatoris, Riset Pembebasan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


  • Habermas, J. 2006. Rasio dan Rasionalisasi Masyarakat. Yogyakarta: Kreasi Wacana.


  • Horkheimer, M dan Adorno, T.W. 2002. Dialektika Pencerahan. Yogyakarta: IRCiSoD.


  • Jauy, M. 2005. Sejarah Mazhab Frankfut. Imajinasi Dialektis dalam Perkembangan Teori Kritis. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

  • Kleden, I. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan. Jakarta: Kritik Kebudayaan.

  • Kelner, D. 2003. Teori Sosial Radikal. Yogyakarta: Syarikat.


  • Margono. 2012. Model-model Pendidikan Nilai. Makalah disajikan dalam Lokakarya Silabus Jurusan Sejarah UM.