Gasal 2018/2019
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Topik
bahasan matakuliah ini meliputi: (a) kaidah khath, yaitu: pengenalan
macam-macam alat tulis dan macam-macam khath, penulisan huruf hijaiyah menggunakan khath naskhi,
kaidah penulisan huruf yang memiliki keserupaan bentuk, menyambung huruf
hijaiyah menggunakan khath
naskhi, menyalin teks berbahasa Arab menggunakan khat naskhi; dan (b) kaidah imla’, yaitu: pengenalan
tentang hakikat dan tujuan imla, pengenalan kesalahan-kesalahan yang sering muncul
dalam penulisan dan sebab-sebabnya, pengenalan kaidah, cara dan praktik
menulis: mad, ta maftuhah dan marbuthah, tanwin, alif lam syamsiyah dan
qamariyah, macam-macam hamzah, macam-macam alif (layyinah dan maqsurah), serta
penggunaan tanda baca.
Capaian Pembelajaran
- Mampu menjelaskan konsep teoretis kaidah khat imlak dalam penulisan Bahasa Arab
Mampu mengaplikasikan kaidah Khat Imlak dalam penulisan berbahasa Arab dengan baik dan benar.
Mampu mengaplikasikan kaidah Khat Imlak secara kreatif dan inovatif sesuai perkembangan kebutuhan masyarakat
Alfauzan, Abdurrahman Ibrahim,. Dkk. 2002. Al-Arabiyyah Baina Yadaik. Muasasah Al-Waqf Al-Islami: Al-Arabiyyah liljami’.
Ridwan. 2011. Imla’ nadharituhu wa tatbiquhu. Malang: UIN – MALIKI Press.
Tamimi, Muhammad. 2010. Katalog Al-Lauhat Al-Fanah. Istambul: Besiktas.
amin, Nasif. 1992. Al-Mu’jam Al-Mufashal Fil Imla’ wa Qawaidun Nusus. Libanon: Darul Kutub Al-Ilmiyyah.
Algalayaini, Musthafa. 1944. Jami’u Durus Arabiyah Lil Juz Ast-Stani. Libanon: Darul Kutub Al-Ilmiyyah.
Hiyani, Fika. 2007. Kaligrafi Islam. Bandung: CV Armico.
Hasyim, Muhammad. 1980. Qowaidul Khat Arabi. Bagdad: Maktabah An-Nahdhah.
Masruri, hadi. 2003. Khat an-Naskhi. Malang: Tidak diterbitkan.
Munjiyah Ma’rifah. 2012. Kaidah – kaidah Imla’ (teori dan Praktik). Malang. UIN – MALIKI Press.
Maziyyah, Laili. 2009. I’dadul Kitab At’Ta’limi “Qawaidul Khat Wal Imla’ Litanmiyyati Maharatil Kitabah. Malang: Tesis Tidak Diterbitkan.
Afifudin Dimyathi, Panduan Menulis berbahasa Arab.
Munir, Misbahul. Tanpa Tahun. Koleksi Kaligrafi Arab. Tanpa Keterangan.
- Teacher: Moch Wahib Dariyadi