Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
F1-F1
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas tentang konsep
dasar pengajaran mikro, pembuatan perencanaan pengajaran mikro, Keterampilan
membuka dan menutup pelajaran, Keterampilan menjelaskan, Keterampilan
bertanya, Keterampilan mengadakan variasi, Keterampilan memberikan penguatan,
Keterampilan mengelola kelas, Keterampilan memimpin diskusi dan Keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan.
Capaian Pembelajaran
Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konsep mengajar dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik belajar dan pembelajaran yang berbasis pada filosofi konstruktivisme dan pendekatan saintifik sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 dan berorientasi pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif serta kemandirian belajar
Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar bidang studi akuntansi sesuai dengan karakteristik belajar dan pembelajaran yang berbasis pada filosofi konstruktivisme dan pendekatan saintifik sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 dengan memanfaatkan TIK untuk mendorong kemandirian belajar.
Mampu mengalisis berbagai permasalahan dan hambatan dalam pembelajaran akuntansi serta memecahkan masalah tersebut secara kreatif dengan memanfaatkan dan mengembangkan berbagai sumber belajar terutama yang berbasis TIK dan potensi lingkungan lokal.
Ambili Remesh. 2013. Microteaching, an efficient technique for learning effective teaching. Journal of research in medical sciences
Suparti. 2017. Handout Pengajaran Mikro dan Penerapannya
Arnawi Barnawi. 2015. Micro Teaching: Teori & Praktik Pengajaran yang Efektif & Kreatif. Ar Ruzz Media. Bandung
Asril Zainal. 2010. Micro Teaching: Disertai Dengan Pedoman Pengalaman Lapangan . Rajawali Pers. Jakarta
Arends, Richard. 2008. Learning to Teach, Avenue of the Americas New York, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc 1221.
Jessie S. Modi, Shipra Pub, . 2010. Micro-Teaching : Technique and Practice. 164 p, ISBN : 9788175415362
Marno. 2014. Strategi, Metode dan Teknik Mengajar. Ar Ruzz Media. Yogyakarta
Ronie M, dani. 2005. Seni mengajar dengan hati. Jakarta. PT.Elex Media Komputindo
Asmani, Jamal Makmur. 2010. Pengenalan dan PelaksanaanLengkap Micro Teaching dan Team Teaching. Jogyakarta: Diva Press.
Callahan, J.F., Clark, L.H., and Kollough, R.D. 1992. Teaching in the Midle and Secondary Schools. New York: Macmillan Publishing Company.
Darmadi, Hamid. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar: Landasan Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas, JICA, IDCJ. 2008. Buku Petunjuk Guru untuk Pembelajaran yang Lebih Baik. Program SISTTEMS – JICA.
Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Taeching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC
Kemendikbud, 2013. Permendiknas No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta.
Louisell, R. D. and Descamp, J. 1992. Developing Of Teaching Style.
Susanto, P. 2002. Keterampilan Dasar Mengajar Berbasis Konstruktivisme. Malang: Universitas Negeri Malang (JICA)
UPT PPL. 2006. Pengajaran Mikro Berbasis Kompetensi: Kumpulan Materi Pelatihan, disajikan dalam Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pengajaran Mikro bagi Para Dosen Universitas Negeri Yogyakarta di UPTPPL Universitas Negeri Mlang, tanggal 26 s.d 29 Juli 2006.
- Pengajar: sulastri sulastri