Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:

Konsep dasar evaluasi; pengertian pengukuran dan penilaian, serta evaluasi; tujuan dan prinsip-prinsip penilaian, karakteristik penilaian PPKn, langkah-langkah penilaian hasil belajar; ketuntasan belajar; penilaian berkelanjutan, sistem penilaian kelas; teknik asesment otentik dan ciri-ciri asesmen otentik, instrumen penilaian dalam bentuk test dan nontest; penilaian sikap; penilaian diri, penilaian unjuk kerja, penilaian projek; penilaian produk, penilaian portofolio; tabel spesifikasi soal, pelaporan hasil belajar dan penentuan ketuntasan belajar.


Capaian Pembelajaran
  • Memahami landasan teoritik tentang evaluasi dan penilaian pembelajaran PPKn

  • Memahami landasan teoritik tentang evaluasi dan penilaian pembelajaran PPKn

  • Memahami kebijakan negara terkait tentang evaluasi dan penilaian pembelajaran PPKn


  • Memahami kebijakan negara terkait tentang evaluasi dan penilaian pembelajaran PPKn


  • Mempraktekkan kegiatan evaluasi pembelajaran PPKn berdasarkan teori dan kebijakan terkini

  • Mempraktekkan kegiatan evaluasi pembelajaran PPKn berdasarkan teori dan kebijakan terkini

Daftar Pustaka:
  • Depdiknas, 2004, Silabus dan Sistem Penilaian Mata Pelajaran PKn.Jakarta: Depdiknas.

  • Coribima, Duran, 2008, Assesment Outhentic, Malang: UM Press

  • Haris, Abdul, 2008, Evaluasi Pembelajaran Bidang Studi, Jakarta: Multi Presindo

  • Peratuaran Pemerintah No 19 tahun 2005

  • Permendiknas No 22 tahun 2006: Standar Isi