Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Pengertian Tes, Pengukuran dan Penilaian; Hubungan antara Tujuan Pengajaran, Proses Belajar Mengajar dan Evaluasi; Tujuan dan Fungsi Evaluasi Hasil Belajar Siswa; Kriteria Tes (Validitas, Reliabilitas, Obyektifitas); Kriteria Tes Keterampilan Olahraga; Menyusun Tes Keterampilan Olahraga; Menyusun Tes Pengetahuan (Analisis Butir Soal); Teknik Non Tes; Aspekaspek yang Dinilai dalam Penjas; Pendekatan Acuan Penilaian; Memberi Nilai


Capaian Pembelajaran
  • Memahami dan mengerti konsep dasar tes, pengukuran dan evaluasi

  • Memahami dan mengerti tentang prinsip-prinsip tes dan pengukuran

  • Memahami dan mampu menyusun Tes Pengetahuan, Teknik Pengumpulan Data Non-tes, Tes dan Pengukuran Kesegaran Jasmani, Pengukuran Antropometri, Tes Keterampilan Olahraga.

Daftar Pustaka:
  • Barrow, H. M., McGee, R., & Tritschler, K. A. (1989). Practical measurement in physical education and sport. Lea & Febiger.

  • Budiwanto, S. (2014). Metodologi Penelitian Penerapannya Dalam Keolahragaan. Malang: Universitas Negeri Malang.

  • Winarno, M.E. 2013. Statistik dan Evaluasi dalam penjas dan olahraga. Penerbit UM.