Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

1) Fungsi dan prinsip penilaian pembelajaran IPA, 2) Jenis-jenis penilaian, 3) Penyusunan instrumen penilaian; pengetahuan, keterampilan, dan sikap, 4) Persyaratan instrumen penilaian, 5) Pemanfaatan hasil penilaian Web Based Learning



Capaian Pembelajaran
  • Menguasai berbagai metode dan jenis penilaian pendidikan IPA

  • Mampu menganalisis sasaran penilaian pendidikan IPA

  • Mampu mengembangkan isntrumen penilaian yang valid

  • Mampu melaksanakan penilaian pembelajaran/ pendidikan IPA

  • Mampu meringkas informasi hasil penilaian pendidikan IPA dan melaporkannya

Daftar Pustaka:
  • Krathwohl, D. R., 2002. A Revision of Bloom's Taxonomy: An

  • Miller, M. D., Linn, R. L. & Gronlund, N. E. 2012. Measurement and Assessment in Teaching. New York: Pearson.

  • Popham, W. J. 2013. Classroom Assessment: What Teachers Need to Know ,7th Ed.New York: Pearson.

  • Rahayu, S. 2014. How to Evaluate Affective dimension in Chemistry Education. In Kahveci

  • Safari. 2004. Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non-Tes dengan Manual, Kalkulator dan Komputer. Jakarta: Depdiknas.

  • Surapranata, S. 2004. Panduan Penulisan Tes Tertulis. Bandung: Remaja Rosda Karya.

  • Sugiyanto. 2005. PPT Dasar-Dasar Sains. Malang: FMIPA UM

  • Permen nomor 24 tentang tahun 2016. Standar Isi Kurikulum IPA 2013

  • Sugiyanto. 2017. Seminar Fisika; Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran Fisika. Malang: FMIPA UM