Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
1) Fungsi dan prinsip penilaian pembelajaran IPA, 2) Jenis-jenis penilaian, 3) Penyusunan instrumen penilaian; pengetahuan, keterampilan, dan sikap, 4) Persyaratan instrumen penilaian, 5) Pemanfaatan hasil penilaian Web Based Learning
Capaian Pembelajaran
Menguasai berbagai metode dan jenis penilaian pendidikan IPA
Mampu menganalisis sasaran penilaian pendidikan IPA
Mampu mengembangkan isntrumen penilaian yang valid
Mampu melaksanakan penilaian pembelajaran/ pendidikan IPA
Mampu meringkas informasi hasil penilaian pendidikan IPA dan melaporkannya
Krathwohl, D. R., 2002. A Revision of Bloom's Taxonomy: An
Miller, M. D., Linn, R. L. & Gronlund, N. E. 2012. Measurement and Assessment in Teaching. New York: Pearson.
Popham, W. J. 2013. Classroom Assessment: What Teachers Need to Know ,7th Ed.New York: Pearson.
Rahayu, S. 2014. How to Evaluate Affective dimension in Chemistry Education. In Kahveci
Safari. 2004. Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non-Tes dengan Manual, Kalkulator dan Komputer. Jakarta: Depdiknas.
Surapranata, S. 2004. Panduan Penulisan Tes Tertulis. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiyanto. 2005. PPT Dasar-Dasar Sains. Malang: FMIPA UM
Permen nomor 24 tentang tahun 2016. Standar Isi Kurikulum IPA 2013
Sugiyanto. 2017. Seminar Fisika; Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran Fisika. Malang: FMIPA UM
- Teacher: Vita Mustikasari