Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Mendeskripsikan
konsep strategi, model, metode dalam pembelajaran; mengindentifikasi ragam model
dan metode, menganalisis standar proses pendidikan dasar dan menengah; menunjukkan
langkah-langkah dalam menyusun desain pembelajaran; merancang strategi pembelajaran sosiologi yang relevandengan amanat kurikulum, kekhasan mata
pelajaran sosiologi, dan perkembangan peserta didik, sehingga mampu
mengolaborasikan strategi dan desain menjadi daya tepat guna dalam
pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan amanat kurikulum, mengembangkan pembelajaran efektif, kreatif, dan menarik sebagai bekal menjadi seorang pendidik masa depan.
Johnson, E. B. 2007. Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar dan Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Penterjemah: Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Center (MLC).
Proyek PGSM. 1997. APKG I Penilaian Rencana Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud
Sadiman, A. 2006. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Grafindo
Hadisubroto, T., & Herawati, I.S. 2000. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka
Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Stándar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Solihatin, E. 2007. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
De Porter, B. 2002. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Degeng, N.S. 2001. Belajar Mengajar Quantum: Materi Pelatihan pada Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: LP3 UM.
Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
. Proyek PGSM. 1997. APKG II Penilaian Prosedur Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud
Sulo, L.A. e.a. 1996. Pengajaran Mikro. Jakarta
Sayono, J. 2005. Buku Teknis Praktik Pengalaman Lapangan: Bidang Studi Pendidikan Sejarah.Malang: UPT PPL UM.
Soetardjo. 1998. Proses Belajar Mengajar: Dengan Metode Pendekatan Ketrampilan Proses. Surabaya: SIC.
Solihatin, E. 2007. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS.Jakarta: PT. Bhumi Aksara
Suryobroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutirdjo., & Manik, S.I. 2005. Tematik: Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004. Malang: Bayumedia Publishing.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir, Edisi Keenam. Jakarta: Indeks.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Dasar dan Menengah Atas. 2017. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.
- Teacher: Seli Septiana Pratiwi