Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
B8-TEP
Deskripsi:

Mengkaji fungsi, ruang lingkup, dan kedudukan manajemen sistem pelatihan, perencanaan, pelaksaan dan evaluasi diklat, model-model manajemen diklat : berbasis perancangan pembelajaran, TQM, kapabilitas, berbasis kompetensi, penilaian kinerja, dan program evaluasi.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu menguasai konsep, lingkup, dan prinsip-prinsip dasar dalam merancang dan mengelola program pendidikan dan pelatihan baik pada lembaga pemerintah, swasta maupun lembaga mandiri

  • Mampu secara kritis melakukan kegiatan analisis kebutuhan pelatihan (training need analysis) pada berbagai jenis dan jenjang program pelatihan menggunakan berbagai model analisis kebutuhan pelatihan

  • Mampu merancang program pendidikan dan pelatihan dalam bentuk kurikulum, pedoman pelatihan, Rancang Bangun Pembelajaran Mata Pelatihan (RBPMP), dan Rencana Pembelajaran Mata Pelatihan (RPMP) pada berbagai jenis dan jenjang program menggunakan beberapa model desain pelatihan yang cocok dengan konteks program

  • Mampu secara kreatif dan inovatif mengembangkan bahan ajar, metode pembelajaran, media pembelajaran pelatihan konvensional dan digital program pendidikan dan pelatihan pada berbagai jenis dan jenjang program

  • Mampu secara kreatif mengelola pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan pada berbagai jenis dan jenjang program dengan menggunakan pendekatan manajemen pelatihan berbasis kinerja para peserta

  • Mampu mengusai beberapa model evaluasi program pelatihan pada berbagai jenis dan jenjang program dan menguasai teknik analisis perhitungan Return on Training Investment (RoTI)

Daftar Pustaka:
  • Noe., R.A. 2010. Employee Training and Development 5th Ed. McGraw-Hill Irwin. New York.

  • Jerrold E. Kemp, (1987), Instructional Design, DavidLake Publisher.

  • Sastradipoera, Komaruddin. (2006). Pengembangan dan Pelatihan: Suatu Pendekatan Menejemen Sumber Daya Manusia, Bandung, Kappa Sigma

  • Pedoman buku kurikulum, pedoman diklat, RBPMP, RPMP Balai Diklat Kementerian PUPR

  • Human Resources Management and Training, United Nations New York and Geneva, 2013

  • Managing Training & Development. Rai Technology University

  • Dr. Tejinder Sharma Dept. of Commerce, K.U., Kurukshetra. Management Training & Development.

  • Craig, L Robert, (1996), The ASTD Training and Development, Handbook, A Guide to Human Resources Development, McGraw-Hill-Inc.

  • Dwivedi, RS (1980), Man Power Management: An Integrated approach to Personnel Management and Labour Relations, New Delhi, Prentice-Hall of India

  • Flippo, Edwin B (1984), Personal Management, USA, McGraw-Hill, Inc

  • Ian Reece &stephenWalker, (1997), Teaching, Training and Learning, Sixth Edition, BEF.

  • Komaruddin, 1994, Ensikolepedia Menejemen, Jakarta, Bumi Aksara