Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
F-F
Deskripsi:
Mata Kuliah ini berisi ruang lingkup tentang Konsep dasar evaluasi pembelajaran Ekonomi; Jenis-jenis evaluasi hasil pembelajaran Ekonomi; Perencanaan evaluasi Ekonomi; Teknik evaluasi; Evaluasi proses dan hasil belajar; Standar evaluasi hasil pembelajaran Ekonomi; Pengembangan alat evaluasi Ekonomi; Teknik pemberian skor dan pengolahan skor; Analisis hasil evaluasi pembelajaran Ekonomi; Pelaporan hasil evaluasi pembelajaran Ekonomi.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu Memahami dan terampil dalam mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan teknik evaluasi proses dan hasil belajar ekonomi (jenjang pendidikan dasar dan menengah).
Mahasiswa mampu memahami, menguasai dan menganalisis tata cara evauasi proses dan hasil belajar (mata pelajaran ekonomi) siswa
Mahasiswa mampu mengembangkan evaluasi proses dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja R.
Supranata, Sumarna. 2004. Panduan Penulisan Tes Tertulis, Implementasi Kurikulum 2004, Penilaian Berbasis Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sapir. 2014. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar (Pendekatan Praktis Operasional). Buku Ajar untuk Mahasiswa Calon Guru Profesional. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. FE – UM.
_____________, 2004. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes, Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.
_____________, 2004. Penilaian Portofolio, Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. 2013. Kurikulum Ekonomi SMA dan SMP, Pedoman Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMP, SMA, MA. Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum
Permendikbud RI No.66 Tahun 2013.Tentang Standar Penilaian Pendidikan
- Teacher: sri handayani