Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
F-F
Deskripsi:

Mata Kuliah ini berisi ruang lingkup tentang Konsep dasar evaluasi pembelajaran Ekonomi; Jenis-jenis evaluasi hasil pembelajaran Ekonomi; Perencanaan evaluasi Ekonomi; Teknik evaluasi; Evaluasi proses dan hasil belajar; Standar evaluasi hasil pembelajaran Ekonomi; Pengembangan alat evaluasi Ekonomi; Teknik pemberian skor dan pengolahan skor; Analisis hasil evaluasi pembelajaran Ekonomi; Pelaporan hasil evaluasi pembelajaran Ekonomi.



Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu Memahami dan terampil dalam mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan teknik evaluasi proses dan hasil belajar ekonomi (jenjang pendidikan dasar dan menengah).

  •  Mahasiswa mampu memahami, menguasai dan menganalisis tata cara evauasi proses dan hasil belajar (mata pelajaran ekonomi) siswa

  •  Mahasiswa mampu mengembangkan evaluasi proses dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi

Daftar Pustaka:
  • Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja R.

  • Supranata, Sumarna. 2004. Panduan Penulisan Tes Tertulis, Implementasi Kurikulum 2004, Penilaian Berbasis Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

  • Sapir. 2014. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar (Pendekatan Praktis Operasional). Buku Ajar untuk Mahasiswa Calon Guru Profesional. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. FE – UM.

  •   _____________, 2004. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes, Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

  • _____________, 2004. Penilaian Portofolio, Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

  • Depdiknas. 2013. Kurikulum Ekonomi SMA dan SMP, Pedoman Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMP, SMA, MA. Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum

  • Permendikbud RI No.66 Tahun 2013.Tentang Standar Penilaian Pendidikan