Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
A-AA
Deskripsi:

Mendeskripsikan konsep strategi, model, metode dalam pembelajaran; mengindentifikasi ragam model dan metode, menganalisis standar proses pendidikan dasar dan menengah; menunjukkan langkah-langkah dalam menyusun desain pembelajaran; merancang strategi pembelajaran sosiologi yang relevandengan amanat kurikulum, kekhasan mata pelajaran sosiologi, dan perkembangan peserta didik, sehingga mampu mengolaborasikan strategi dan desain menjadi daya tepat guna dalam pembelajaran.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan amanat kurikulum, mengembangkan pembelajaran efektif, kreatif, dan menarik sebagai bekal menjadi seorang pendidik masa depan.


Daftar Pustaka:
  • Johnson, E. B. 2007. Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar dan Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Penterjemah: Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Center (MLC).


  • Proyek PGSM. 1997. APKG I Penilaian Rencana Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud

  • Sadiman, A. 2006. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Grafindo

  • Hadisubroto, T., & Herawati, I.S. 2000. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka

  • Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Stándar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

  • Solihatin, E. 2007. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


  • De Porter, B. 2002. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

  • Degeng, N.S. 2001. Belajar Mengajar Quantum: Materi Pelatihan pada Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: LP3 UM.


  • Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


  • . Proyek PGSM. 1997. APKG II Penilaian Prosedur Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud

  • Sulo, L.A. e.a. 1996. Pengajaran Mikro. Jakarta


  • Sayono, J. 2005. Buku Teknis Praktik Pengalaman Lapangan: Bidang Studi Pendidikan Sejarah.Malang: UPT PPL UM.

  • Soetardjo. 1998. Proses Belajar Mengajar: Dengan Metode Pendekatan Ketrampilan Proses. Surabaya: SIC.


  • Solihatin, E. 2007. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS.Jakarta: PT. Bhumi Aksara

  • Suryobroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

  • Sutirdjo., & Manik, S.I. 2005. Tematik: Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004. Malang: Bayumedia Publishing.


  • Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

  • Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir, Edisi Keenam. Jakarta: Indeks.


  • Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Dasar dan Menengah Atas. 2017. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.