Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
A9-PLS
Deskripsi:
Mahasiswa mampu menguasai konsep-konsep pokok dan aspek-aspek utama filsafat pendidikan sebagai landasan pengelolaan dan pengembangan pendidikan non formal secara kritis, kreatif, bekerjasama, komunikatif, melek (literasi) teknologi informasi serta memiliki integritas dan berkarakter
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu memahami rasional pentingnya filsafat pendidikan
Mahasiswa mampu memahami spektrum filsafat pendidikan, yang meliputi: konsep, karakteristik, dan sejarah perkembangannya
Mahasiswa mampu memahami bidang/aspek, fokus/obyek kajian, dan aliran-aliran pemikiran dalam filsafat pendidikan
Mahasiswa memiliki keterampilan mengidentifikasi dan menganalisis praktik dan permasalahan pendidikan berdasar perspektif filsafat pendidikan.
Mahasiswa memiliki sikap positif dan karakter baik untuk mengikuti pembelajaran.
Kontrak Belajar
Ujian
Suriasumantri,Jujun S.1995. Ilmu Dalam Perspektif: Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: PTGramedia.
Djumransyah,H.M.2004. Pengantar Filsafat Pedidikan. Malang: Bayu Media.
Noorsyam, M. 1984.Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.
Murtiningsih,S. 2006. Pendidikan Alat Perlawanan: Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire. Sleman: Resist Book.
Redja Mudyahardja, 2010.Filsafat Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rosda
Fattah Hanurawan, 2010. Filsafat Pendidikan. Malang: UM Press
UU 20/2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Suhartono, 2009. Filsafat Pendidikan, Jakarta: Ar-Ruzz Media
Jalaludin dan Abdullah Idi.2009. Filsafat Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
- Pengajar: Lasi Purwito Drs. , M.S.