Pilihan pendaftaran
Evaluasi Pembelajaran Sosiologi
Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Garis-garis besar materi perkuliahan sebagai berikut: 1) konsep evaluasi, penilaian, dan pengukuran, 2) fungsi evaluasi, 3) taksonomi dalam evaluasi, 4) teknik penilian, 5) penyusunan alat evaluasi/penilaian, 6) analisis instrumen evaluasi hasil belajar, 7) penilaian hasil belajar oleh pemerintah dan satuan pendidikan, 8) praktik menyusun hasil evaluasi belajar, 9) analisis hasil evaluasi belajar.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep hingga prosedur penilaian dalam kurikulum yang berlaku sehingga mampu mengembangkan proses pembelajaran dan sikap disiplin.
Mahasiswa mampu menganalisis ragam instrumen penilaian secara kritis sehingga mampu memanfaatkannya dalam pembelajaran secara otentik.
Merancang ragam instrumen dengan kritis dan teliti sehingga dapat mengevaluasi capaian pembelajaran.
Menerapkan evaluasi pembelajaran secara sistematis, jujur, dan disiplin sehingga dapat memberikan rekomendasi pengembangan pembelajaran.
Astiti, Kadek Ayu. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Pratiwi, P.H., Hidayah, N. dan Martiana, A., 2017. Pengembangan modul mata kuliah penilaian pembelajaran sosiologi berorientasi HOTS. Cakrawala Pendidikan, (2).
Sary, Yessy Nur Endah. 2015. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Uno, Hamzah B., dan Koni, Satria. 2016. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.
Yusuf, Muri. 2017. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
- Pengajar: Joan Hesti Gita Purwasih
- Pelajar terdaftar: 38