خيارات التسجيل
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
T1-T1
Deskripsi:
Menginterpretasi dan mengkritisi kurikulum pendidikan seni dan desain secara mandiri serta memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa agar secara kreatif terbuka dan memiliki motivasi belajar yang tinggi serta memahami teori dan terampil menyusun perangkat pembelajaran seni. Kompetensi yang akan dicapai meliputi: (a) memahami berbagai konsep kurikulum, azas kurikulum, dan organisasi kurikulum; (b) mengidentifikasi dan mengkaji kurikulum pendidikan seni di Indonesia berdasarkan orientasi, tipe/bentuk organisasi kurikulum, jenis program, deskripsi tujuan, bahan kajian, dan alokasi waktu; (c) mengidentifikasi dan mengkaji kurikulum yang sedang berlaku berdasarkan rasional perubahan, landasan, pengertian, prinsip, pengembangan, struktur dan muatan isi, standar isi, standar kompetensi lulusan; (d) memahami komponen dan prosedur pengembangan pembelajaran berdasarkan jenis-jenis model desain instruksional; (e) memahami kriteria, sistematika,prinsip dan prosedur mengembangkan, berbagai desain pembelajaran seni; (f) terampil menyusun prota, promes, peta kompetensi dan silabus, serta terampil merancang pembelajaran seni berdasarkan tipe apresiasi seni sesuai kurikulum yang berlalu, dan terampil menganalisis perangkat pembelajaran seni.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
T1-T1
Deskripsi:
Menginterpretasi dan mengkritisi kurikulum pendidikan seni dan desain secara mandiri serta memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa agar secara kreatif terbuka dan memiliki motivasi belajar yang tinggi serta memahami teori dan terampil menyusun perangkat pembelajaran seni. Kompetensi yang akan dicapai meliputi: (a) memahami berbagai konsep kurikulum, azas kurikulum, dan organisasi kurikulum; (b) mengidentifikasi dan mengkaji kurikulum pendidikan seni di Indonesia berdasarkan orientasi, tipe/bentuk organisasi kurikulum, jenis program, deskripsi tujuan, bahan kajian, dan alokasi waktu; (c) mengidentifikasi dan mengkaji kurikulum yang sedang berlaku berdasarkan rasional perubahan, landasan, pengertian, prinsip, pengembangan, struktur dan muatan isi, standar isi, standar kompetensi lulusan; (d) memahami komponen dan prosedur pengembangan pembelajaran berdasarkan jenis-jenis model desain instruksional; (e) memahami kriteria, sistematika,prinsip dan prosedur mengembangkan, berbagai desain pembelajaran seni; (f) terampil menyusun prota, promes, peta kompetensi dan silabus, serta terampil merancang pembelajaran seni berdasarkan tipe apresiasi seni sesuai kurikulum yang berlalu, dan terampil menganalisis perangkat pembelajaran seni.
Capaian Pembelajaran
- Mendeskripsikan hakekat kurikulum pendidikan seni
- Mendeskripsikan konsep, landasan, komponen, dan teori-teori kurikulum
- Menganalisis Pengembangan Kurikulum dan implementasi Kurikulum
- Menganalisis Sejarah Kurikulum Pendidikan Seni di Indonesia
- Menguraikan hakekat bahan ajar seni pertunjukan dan model rancangan pembelajaran seni pertunjukan
- Mengembangkan kompetensi dan substansi bahan ajar seni pertunjukan
- Menjelaskan pengertian konsep desain pembelajaran
- Menyebutkan komponen- komponen dan prosedur pengembangan desain pembelajaran
- Mendeskripsikan model-model desain pembelajaran dan mengidentifikasi desain pembelajaran berbasis kompetensi
- Mengembangkan berbagai desain pembelajaran seni berdasarkan sistematika, prosedur, dan kriteria pengembangan
- Menyusun desain pembelajaran seni tipe ekspresi dan tipe apresiasi berdasarkan hasil pengembangan prota, promes, peta kompetensi, silabus, dan RPP plus dari kurikulum Merdeka
- Amri, Sofan & Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
- Hamalik, Oemar. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
- Hamid, Hamdani. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
- Hamalik, Oemar. 2009. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya
- Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
- Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya:Unesa
- Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2016. Pendidikan Seni; Isu dan Paradigma. Semarang: CV. Cipta Prima Nusantara Semarang.
- Triyanto. 2017. Spirit Ideologis Pendidikan Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara
- Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.
- Suparman, Atwi. 2014. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga. _________, 2013. Kurikulum 2013. Jakarta:
- Syamsuru, Istamar & Ibrohim. 2008. Lesson Study. Malang: FMIPA UM.
- Sanjaya, Wina. 2008. Perencaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana
- Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan dengan kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.
- Yamin, Martinis. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivitis. Jakarta: Referensi University Press.
- المعلم: Winda Istiandini
- الطلاب المسجلون: 38
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.