Pilihan pendaftaran

Metodologi PAI
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mata kuliah ini membekali mahasiswa pengetahuan konseptual pembelajaran PAI, berbagai metode pengajaran Agama Islam, strategi pemilihan metode pengajaran Agama Islam sesuai tujuan, kondisi peserta didik, sarana prasarana dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi secara rasional, analitik dan komprehensif. Topik bahasan: (a) pengertian pendidikan dan pembelajaran, (b) faktor-faktor pendidikan agama Islam, (c) relevansi metode dan faktor-faktor pendidikan agama Islam, (d) keanekaragaman metode pembelajaran PAI, (e) sistem modul untuk PAI, (f) permainan simulasi untuk PAI, (g) PPSI dalam PAI, (h) evaluasi PAI.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan teori pengajaran Agama Islam, metode-metode pengajaran Agama Islam, memilih dan mengembangkan metode yang sesuai dengan tujuan, media, materi agama Islam yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, perkembangan ilmu pengetahuan teknologi serta menerapkannya secara kreatif dan inovatif dalam kegiatan perancangan perangkat pembelajaran Agama Islam.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan teori pengajaran Agama Islam, metode-metode pengajaran Agama Islam, memilih dan mengembangkan metode yang sesuai dengan tujuan, media, materi agama Islam yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, perkembangan ilmu pengetahuan teknologi serta menerapkannya secara kreatif dan inovatif dalam kegiatan perancangan perangkat pembelajaran Agama Islam.
Daftar Pustaka:
  • 1. Ahmad Tafsir, 2000. Metode pengajaran PAI. Bandung: remaja Rosdakarya
  • 2. Muhaimin.2004. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah.Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • 3. Nasih, Kholidah, 2009. Metode dan teknik Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
  • 4. Reigeluth,R.M. Wilson B.G. and Spller R.T.1994. The Elaboration Theory Of Instructional :Instructional Design Theory, Educational Technology Publications Englewood Cliffs.New Jersey.
  • 5. Nata, Abuddin. 2020. "Penguatan materi dan metodologi Pendidikan Agama Islam." Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2: 244-266
  • 6. Kurjum, Mohammad, Abdul Muhid, and Muhammad Thohir. 2020. "Think-pair-share model as solution to develop students’ critical thinking in Islamic studies: is it effective?." Cakrawala Pendidikan 39, no. 1 : 144-155.
  • Kasdi, Abdurrohman, Umma Farida, and Choirul Mahfud. 2020. "Islamic Studies and Local Wisdom at PTKIN in Central Java: Opportunities, Challenges, and Prospects of Pioneering Religious Moderation in Indonesia." Hikmatuna 6, no. 1 51-62.
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.