خيارات التسجيل

Metode Penelitian Pendidikan Matematika
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B1-B1
Deskripsi:
Teknis mengidentifikasi masalah penelitian, pemilihan rancangan penelitian, kajian literatur, pemanfaatan teori, penyusunan strategi dan pertimbangan etis, pernyataan tujuan, pertanyaan penelitian dan hipotesis, prosedur metode kuantitatif dan kualitatif, prosedur metode campuran, penelitian tindakan, penelitian pengembangan, identifikasi/eksplorasi masalah-masalah penelitian pendidikan, kajian hasil-hasil penelitian pendidikan, pengembangan masalah-masalah penelitian, pengembangan protokol/instrumen, penulisan rancangan usulan penelitian.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami teori, metodologi, dan etika penelitian pendidikan (matematika).
  • Mampu memahami dan menarapkan kecerdasan buatan untuk penelitian pendidikan matematika.
  • Mampu melakukan kajian terhadap artikel jurnal terkini tentang hasil-hasil penelitian pendidikan matematika.
  • Mampu menyusun perencanaan penelitian pendidikan (matematika) dalam bentuk rancangan proposal penelitian tesis.
Daftar Pustaka:
  • Jurnal hasil penelitian.
  • Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. 2022. The Sage Handbook of Qualitative Research Design, 1st Edition. Sage Publications.
  • Sohilait, E. 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: CV. Cakra.
  • Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. 2018. Research Methods in Education, 8th edition. Routledge.
  • Subanji. 2016. Teori Defragmentasi Struktur Berpikir dalam Mengonstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Malang: UM Press.
  • Subanji. 2015. Teori Kesalahan Konstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Malang: UM Press.
  • Fraenkel, Jack. R., and Norman E. Wallen. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education, 8th Edition. Boston: McGraw-Hill Higher Education.
  • Subanji. 2011. Teori Berpikir Pseudo Penalaran Kovariasional dalam Mengonstruksi Grafik Fungsi Kejadian Dinamik. Malang: UM Press.
  • Creswell, J. W. 2009. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
  • Creswell, J. W. 2009. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research.
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.