خيارات التسجيل

Studi Islam
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini merupakan kelompok matakuliah paket PAI yang didesain untuk mengembangkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan akidah dan akhlak dari al-Qur’an dan Hadits secara tekstual dan kontekstual yang dilakukan secara dialogis, komprehensif, dan multi perspektif. Topik bahasannya meliputi: (1) pengertian aqidah, (2) hakikat dan rukun iman, (3) manifestasi rukun iman dalam kehidupan, (4) sejarah dan pemikiran ilmu kalam, (5) konsep, sumber, dan ruang lingkup akhlak dalam Islam, (6) urgensi akhlak dalam kehidupan, (7) macam-macam akhlak mulia dan akhlak tercela, dan (8) penghayatan dan pengamalan akhlak mulia dalam kehidupan. Matakuliah ini merupakan kelompok matakuliah paket PAI yang didesain untuk mengembangkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan akidah dan akhlak dari al-Qur’an dan Hadits secara tekstual dan kontekstual yang dilakukan secara dialogis, komprehensif, dan multi perspektif. Topik bahasannya meliputi: (a) konsep hukum Islam, (b) sumber hukum Islam, (c) pembentukan hukum Islam (d) kaidah-kaidah fiqhiyah, (e) madzhab-madzhab fiqh: karakteristik dan penyikapannya, (f) tema hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari. Matakuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keilmuan tafsir dan hadits, serta perangkat keilmuan pendukungnya (Ulumul Qur’an dan Ulumul Hadits), sehingga diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan wawasan keilmuannya itu dalam ranah kajian tafsir dan hadits. Topik kajian: (1) Pengertian tafsir dan ta’wil, serta perbedaan di antara keduanya; (2) Syarat-syarat mufassir, dan kaidah-kaidah penafsiran yang harus dikuasainya; (3) Corak-corak penafsiran (tafsir bil ma’tsur dan tafsir bil ra’yi); (4) Metode penafsiran (tafsir tahlili, tafsir ijmali, tafsir maudhu’i, dan tafsir muqarin); (5) Periodisasi kitab tafsir (klasik, modern, dan kontemporer); (6) Telaah kitab tafsir (Tafsir Ibn Katsir, Tafsir al-Maraghi, dan Tafsir al-Misbah) (7) Definisi, kehujjahan, dan tugas sunnah dalam syariat Islam; perbedaan hadis, sunnah, atsar, dan khabar; sejarah kodifikasi sunnah; (8) Metode kritik sanad dan matan; (9) Klasifikasi hadis (Mutawatir dan Ahad); (10) Hadis Maudhu’: pengertian, faktor pendorong kemunculan, kaidah-kaidah untuk mengidentifikasinya, serta kitab-kitab yang membahasnya; (11) Generasi periwayat dan ragam kitab hadis; (12) al-Kutub al-Sittah: karakteristik dan perbandingannya, dan (13) Mengarifi kandungan hadis (antara sunnah tasyri’iyyah dan sunnah ghair tasyri’iyyah).
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa (1) menjelaskan sejarah, konsep-konsep utama akidah Islam dan aliran-alirannya ; (2) menerangkan urgensi akhlak, konsep, berbagai macam akhlak terpuji dan tercela menurut Islam; (3) memilih aliran aqidah secara mandiri dan bertanggung jawab serta meyakininya sesuai dengan al-Qur’an dan Hadits dengan memberikan argumen aqli dan naqli; (4) berakhlak mulia dalam berbagai keadaan sesuai dengan situasi dan kondisi. Mahasiswa mampu: (1) memahami sumber dan pembentukan hukum Islam, perbedaan madzhab, dan tema-tema aplikatif hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari; (2) mampu menggunakan kaidah-kaidah fiqih dalam memecahkan persoalan hukum secara tepat; (3) memberikan solusi secara bertanggung jawab persoalan aktual berdasarkan hukum Islam Mahasiswa mampu menalar kaidah-kaidah penafsiran al-Qur’an dan kritik sanad-matan hadits; mengobservasi istilah-istilah teknis dalam ilmu tafsir dan ilmu hadits; menganalisis corak dan metode penafsiran al-Qur’an; mengkritisi klasifikasi kualitas hadits; memetakan periodisasi kitab tafsir dan kitab hadits, serta mampu menerapkan pengetahuan yang diperolehnya dalam menafsirkan al-Qur’an maupun meneliti hadits.
Daftar Pustaka:
  • 1. Hanafi, A. Pengantar Teologi Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989 2. Shabir, Muslih. Aqidah Islam Menurut Ibn Taimiyah. Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1983 3. Nasution, Harun. Sejarah Teologi Islam. Jakarta: UI-Press. 2006 4. Madjid, Nurcholish. Islam; Doktrin dan Peradaban. Jakarta: Penerbit Yayasan Paramadina, 1993. 5. Al-Baghdadi, Abdul-Qahir. al-Farq baynal Firaq. Dar al-Kutubil-^Ilmiyyah, Beirut, 6. Al-Syahrastani. Al-Milal wa al-Nihal. Kairo: Mustafa al-Babi al-Halabi, 1967. 7. Al-Ghazali, Imam Abu Hamid. Ihya` ‘Ulumuddin. 8. Nata, Abuddin. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajawali Pers, 2010. 9. Amin, Ahmad. Etika (Ilmu Akhlak). Jakarta: Bulan Bintang, 1993 10. Ibn Hamzah, Imam Yahya. Riyadhah; Upaya Pembinaan Akhlak Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002 11. Tim Dosen PAI UM. Pendidikan Islam Berbasis Kehidupan: Pengembangan Pribadi Berkarakter. Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa, 2020. 12. Hanafi, Yusuf, dkk. Sentiment prevalence on Jihad, Caliphate, and Bid’ah among Indonesian students: Focusing on moderate-radical muslim group tension. Cogent Social Sciences. Vol.8 No.1, 2022. 13. Hanafi, Yusuf, dkk. Islam dan Problem Penyesatan: Telaah atas Miskonsepsi Terma Keagamaan. Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa, 2022. 14. Hanafi, Yusuf, dkk. Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Perkuliahan Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa, 2022. 15. Nasih, A. Munjin, dkk. Pedoman Pengelolaan Mentoring PAI Di Perguruan Tinggi. Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa, 2022. 16. Sultoni, Achmad. Multimedia Islamic Religious Education Based on Spiritual and Emotional Intelligence to Improve the Character of University Students, KnE Social Sciences: International Seminar on Language, Education and Culture (ISOLEC), 2021. 1-8. 17. Ramadhan, Mochammad Rizal. Implikasi Era Society 5.0 Dalam Menguatkan Sikap Moderasi Beragama. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, Vol.2 No.2. 72-77 Faizin, Nur, 2022, Ushul Fikih Ekonomi Islam, UB Press
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.