Pilihan pendaftaran

Pembelajaran Digital
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
L-L
Deskripsi:
Mata Kuliah ini membahas berbagai konsep, prinsip, dan praktik terkait digital learning untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif di era teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang. Mahasiswa akan belajar tentang penggunaan alat-alat digital, platform pembelajaran online, dan strategi desain instruksional yang relevan untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, dan adaptif.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Memahami konsep dan prinsip dasar digital learning serta peran teknologi dalam transformasi pembelajaran di era teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang.
  • 2. Mampu menerapkan prinsip desain instruksional yang efektif untuk pembelajaran digital, termasuk pengembangan konten pembelajaran yang interaktif, responsif, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
  • 3. Mahasiswa dapat menggunakan dan memanfaatkan platform pembelajaran online dan LMS (Learning Management System) untuk mengelola kelas virtual, menyajikan materi pembelajaran, serta mendorong kolaborasi dan interaksi antara peserta didik.
  • 4. Memahami penggunaan alat-alat digital seperti video, simulasi, permainan, dan aplikasi pembelajaran digital lainnya dalam mendukung pembelajaran yang menarik, interaktif, dan relevan dengan konteks.
  • 5. Mampu menggunakan alat-alat kolaborasi online dan media sosial untuk memfasilitasi kolaborasi, diskusi, dan komunikasi efektif antara peserta didik dalam konteks pembelajaran digital.
  • 6. Mahasiswa dapat melakukan evaluasi dan pengukuran pembelajaran digital, termasuk menggunakan alat analisis data untuk memperoleh informasi yang relevan guna meningkatkan kualitas pembelajaran.
  • 7. Mampu mengembangkan strategi pembelajaran adaptif yang memanfaatkan teknologi untuk personalisasi pembelajaran berdasarkan kebutuhan individu peserta didik.
  • 8. Memahami konsep dan penerapan gamifikasi dalam pembelajaran digital sebagai strategi untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi peserta didik.
Daftar Pustaka:
  • 1. Rahardjo, W. (2017). E-Learning di Era Revolusi Industri 4.0. PT Elex Media Komputindo. 2. Suyanto, M., & Utama, A. (2019). Desain Pembelajaran Digital: Konsep, Praktik, dan Implementasi di Era Industri 4.0. Penerbit Salemba Infotek. 3. Yudhanegara, M. R., & Mustakim, M. (2019). Digital Learning: Media, Metode, dan Model. PT Remaja Rosdakarya. 4. Siregar, R. N., & Pratama, D. (2017). Implementasi Blended Learning dalam Pembelajaran Pendidikan. PT Elex Media Komputindo. 5. Haryanti, A., & Fahyuni, E. (2018). E-Learning: Konsep, Aplikasi, dan Implementasi di Sektor Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. 6. Utomo, S. D., & Tresno, J. A. (2018). Strategi Blended Learning dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Deepublish. 7. Nurhidayati, A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Literasi Nusantara. 8. Wardani, E. K., & Wirawan, W. (2019). E-Learning: Strategi dan Implementasi Pembelajaran di Era Digital. Penerbit Refika Aditama. 9. Anshari, M., Alas, Y., Yunus, M. M., & Hamzah, R. (2017). E-Learning in Indonesia: Progresses and Challenges. Advanced Science Letters, 23(9), 8852-8857. 10. Sujatmiko, G., & Ahmadi, A. (2020). Transformasi Digital Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Tantangan Digital Learning.
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.