خيارات التسجيل

Manajemen Sekolah dan Laboratorium
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Manajemen laboratorium; Hakekat dan Prinsip dasar manajeman laboratorium, peran dan fungsi laboratorium, jenis-jenis laboratorium, desain laboratorium IPA SMP, struktur organisasi laboratorium, administrasi laboratorium, Teknik penyimpanan alat dan bahan, Teknik labeling alat dan bahan, SOP peminjaman alat dan bahan, preparasi praktikum, keselamatan kerja laboratorium. Manajemen sekolah; hakekat dan prinsip dasar manajemen, manajemen sekolah dan kelas, struktur dan tupoksi organisasi sekolah, analisis SWOT, rencana pengembangan sekolah, penyusunan visi, misi dan branding sekolah, rancangan anggaran dan belanja sekolah, komite dan masyarakat, prinsip kepemimpinan.
Capaian Pembelajaran
  • Memiliki keterampilan menggunakan alat dan bahan percobaan IPA SMP
  • Memiliki pengetahuan tentang manajemen laboratorium IPA SMP sebagai penunjang dalam pembelajaran atau Laboran IPA SMP yang inovatif dengan memanfaatkan IT
  • Terampil merancang dan mengelola laboratorium IPA SMP meliputi manajemen administrasi dengan memanfaatkan IT, menyimpan, menggunakan, memperbaiki, dan preparasi alat-alat dan bahan laboratorium dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja
Daftar Pustaka:
  • Suranto, Swadesi, B., Asmorowati, D. (2020). Manajemen Laboratorium. Yogyakarata: Fakultas Teknologi Mineral, UPN “Veteran” Yogyakarta
  • Wulandari, F. E., Wulandari, R. (2020). OrganisasiLaboratorium. Jawa Timur: UMSIDA Press
  • Tim Supervisi Ditjen Dikti. (2003). Bahan Ajar Pelatihan Manajemen Laboratorium. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Peningkatan Manajemen Pendidikan Tinggi.
  • Yanto, M. (2023). Manajemen Laboratorium Pendidikan. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.
  • Ali, M., Mutaqin, Hartoyo, Widodo, S. (2020). Manajemen Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: UNY Press.
  • Hill, R. H., & Finster, D. (2010). Laboratory Safety for Chemistry Students. New York: Wiley.
  • Yanto, M. (2023). Manajemen Laboratorium Pendidikan. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.
  • Mustari, M. (2022). Administrasi dan Manajemen Pendidikan Sekolah. Bandung: UIN Sunan Gudung Djati.
  • Sallis, Edward. (2002). Total Quality Management in Education. British: Kogan Page.
  • Siccone, F. (2012). Essential Skills for Effective School Leadership. New York: Pearson.
  • Ubben, G. C., Hughes, L. W., & Norris, C. J. (2011). Principal, The: Creative Leadership for Excellence in Schools (7th edition). NewYork: Pearson.
  • Jurnal: https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/download/14/11/
  • Evertson, C. M. & Emmer, E. T. 2008. Classroom Management for Middle and High School Teachers. New York: Allyn & Bacon.
  • Mulyasa, E.H. 2011. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Bumi Aksara.
  • Decarprio, R. 2013. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah IPA, Bahasa, dan Kimia. Yogyakarta: Diva Press.
  • Koesmadji, W. 2000. Teknik Laboratorium. Bandung: UPI.
  • Jurnal: https://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/download/169/116
  • Marjohan, Atikah, C. (2024). Analisis SWOT Pada Lembaga Pendidikan. Jurnal on Education, 6(2): 11197-11206.
  • Nurdyansyah, Widodo, A. (2017). Manajemen Sekolah Berbasis ICT. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
  • Rochman, I. (2019). Analisis SWOT dalam Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMP Islam Yogyakarta). Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan, 3(1): 36-52.
  • Teitel, L. (2003). The Professional Development Schools Handbook: Starting, Sustaining and Assessing Partnerships That Improve Student Learning (1st edition). California: Corwin Press.
  • Website: https://arkas.kemdikbud.go.id/tentang
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.