Pilihan pendaftaran
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas konsep, pemahaman dan perencanaan , perekayasaan bisnis, mengambil keputusan serta melakukan kegiatan wirausaha, eduprenuer, dan sosiopreneur berbasis kearifan lokal melalui pemanfaatan teknologi informasi sesuai dengan norma agama, norma sosial dan nilai-nilai etika profesi. Proses Analisa dari usaha ini berdasarkan aspek kelayakan bisnis yaitu aspek teknik dan teknologi, aspek pasar dan pemasaran, aspek organisasi dan manajemen, aspek ekonomi dan keuangan, serta aspek-aspek lainnya. Dengan demikian mahasiswa dapat mengetahui bagaimana sebuah bisnis atau proyek dianalisis terhadap layak tidaknya bisnis tersebut untuk dilakukan.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas konsep, pemahaman dan perencanaan , perekayasaan bisnis, mengambil keputusan serta melakukan kegiatan wirausaha, eduprenuer, dan sosiopreneur berbasis kearifan lokal melalui pemanfaatan teknologi informasi sesuai dengan norma agama, norma sosial dan nilai-nilai etika profesi. Proses Analisa dari usaha ini berdasarkan aspek kelayakan bisnis yaitu aspek teknik dan teknologi, aspek pasar dan pemasaran, aspek organisasi dan manajemen, aspek ekonomi dan keuangan, serta aspek-aspek lainnya. Dengan demikian mahasiswa dapat mengetahui bagaimana sebuah bisnis atau proyek dianalisis terhadap layak tidaknya bisnis tersebut untuk dilakukan.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu memiliki pemahaman yang komprehesif tentang konsep kewirausahaan, membuat perencanaan, dan merekayasa bisnis, serta studi kelayakan Bisnis
- Mahasiswa mampu menganalisis secara kreatif dengan berani mengambil keputusan usaha secara rasional dan terukur dengan mempertimbangkan resiko yang potensial timbul dan akan dihadapi
- Mahasiswa mampu menganalisis dan menerapkan berbagai peluang usaha pada berbagai bidang dengan memanfaatkan, mengembangkan berbagai sumber terutama yang berbasis kearifan lokal
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan aspek internal perusahaan yang meliputi aspek pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek sumber daya manusia, aspek manajemen, dan aspek keuangan dalam studi analisis kelayakan bisnis
- Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan aspek persaingan dan lingkungan eksternal lainnya dalam studi kelayakan bisnis
- Mahasiswa mampu membuat rancangan sebuah bisnis dan laporan studi kelayakan bisnis tersebut
- Hendro. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta:Erlangga.
- Alma, B. 2009. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta
- Kasali, R. 2010. Wirausaha Muda Mandiri. Jakarta: Gramedia.
- Mark Casson. 2012. Entreprenuership. Diterjemahkan oleh Benry Syah, Jakarta: Penerbit Rajawali.
- Kasali, R, dkk. 2010. Modul Kewirausahaan Untuk Program Strata 1. Jakarta: Penerbit Yayasan Rumah Perubahan.
- Kodrat, David S & Christina, W. 2015. Entrepreneurship: Sebuah Ilmu. Jakarta: Erlangga
- Sugiyanto, dan I Ketut Wenten. 2020. Studi Kelayakan Bisnis: Teknik Mengetahui Bisnis Dapat Dijalankan atau Tidak. Banten: Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YSPSIM)
- Pengajar: Dudung Ma'ruf Nuris
- Pelajar terdaftar: 39
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.