خيارات التسجيل
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
I-I
Deskripsi:
Pengelolaan laboratorium: pengertian laboratorium; desain laboratorium; fasilitas laboratorium; peranan laboratorium dalam pembelajaran. Keselamatan dan keamanan laboratorium: sumber terjadinya kecelakaan; perlengkapan keselamatan; pertolongan pertama pada kecelakaan. Pengenalan dan pemeliharaan alat-alat laboratorium: alatalat gelas, porselen dan plastik; alat-alat logam; alat-alat optik; alat-alat elektrik. Pengenalan dan penanganan bahan kimia: penggolongan bahan kimia; karakteristik bahan kimia; pengelolaan bahan kimia. Penggunaan mikroskop: prinsip kerja mikroskop; pengenalan macam-macam mikroskop; perawatan mikroskop. Penggunaan bermacammacam neraca: cara kerja berbagai neraca elektrik dan manual; fungsi khusus masingmasing neraca, keunggulan dan kekurangan masing-masing neraca; sumber-sumber kesalahan dalam pengukuran. Pengukuran volume dengan berbagai macam alat volumetrik: macam-macam alat volumetrik (gelas dan pipet), fungsi dan penggunaan masing-masing; kesalahan dalam pengukuran. Pengukuran pH larutan: pengertian pH, larutan penyangga, indikator pH; cara kerja dan penggunaan pH meter. Penggunaan termometer: macam-macam termometer, fungsi dan penggunaan masingmasing; kesalahan dalam pengukuran suhu. Pembuatan larutan dengan berbagai satuan konsentrasi: pengertian molaritas, molalitas, normalitas, persen berat, persen volume, ppm; cara pembuatan larutan; pengenceran larutan. Penggunaan sentrifus: prinsip kerja; fungsi dan penggunaan macam-macam sentrifus. Pemisahan molekul dari bahan biologis: prinsip pemisahan molekul; mekanisme kerja metode pemisahan (dialisis dan macam-macam kromatografi). Penggunaan spektrofotometer: prinsip kerja; fungsi dan penggunaan macam-macam spektrofotometer
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
I-I
Deskripsi:
Pengelolaan laboratorium: pengertian laboratorium; desain laboratorium; fasilitas laboratorium; peranan laboratorium dalam pembelajaran. Keselamatan dan keamanan laboratorium: sumber terjadinya kecelakaan; perlengkapan keselamatan; pertolongan pertama pada kecelakaan. Pengenalan dan pemeliharaan alat-alat laboratorium: alatalat gelas, porselen dan plastik; alat-alat logam; alat-alat optik; alat-alat elektrik. Pengenalan dan penanganan bahan kimia: penggolongan bahan kimia; karakteristik bahan kimia; pengelolaan bahan kimia. Penggunaan mikroskop: prinsip kerja mikroskop; pengenalan macam-macam mikroskop; perawatan mikroskop. Penggunaan bermacammacam neraca: cara kerja berbagai neraca elektrik dan manual; fungsi khusus masingmasing neraca, keunggulan dan kekurangan masing-masing neraca; sumber-sumber kesalahan dalam pengukuran. Pengukuran volume dengan berbagai macam alat volumetrik: macam-macam alat volumetrik (gelas dan pipet), fungsi dan penggunaan masing-masing; kesalahan dalam pengukuran. Pengukuran pH larutan: pengertian pH, larutan penyangga, indikator pH; cara kerja dan penggunaan pH meter. Penggunaan termometer: macam-macam termometer, fungsi dan penggunaan masingmasing; kesalahan dalam pengukuran suhu. Pembuatan larutan dengan berbagai satuan konsentrasi: pengertian molaritas, molalitas, normalitas, persen berat, persen volume, ppm; cara pembuatan larutan; pengenceran larutan. Penggunaan sentrifus: prinsip kerja; fungsi dan penggunaan macam-macam sentrifus. Pemisahan molekul dari bahan biologis: prinsip pemisahan molekul; mekanisme kerja metode pemisahan (dialisis dan macam-macam kromatografi). Penggunaan spektrofotometer: prinsip kerja; fungsi dan penggunaan macam-macam spektrofotometer
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengelolaan laboratorium sains
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengelolaan laboratorium sains
- Mahasiswa mampu menguasai konsep, prinsip dan prosedur penggunaan alat-alat laboratorium, terutama di bidang biologi secara disiplin dan bertanggung jawab
- Mahasiswa mampu menguasai konsep, prinsip dan prosedur penggunaan alat-alat laboratorium, terutama di bidang biologi secara disiplin dan bertanggung jawab
- Mahasiswa mampu melakukan pembuatan larutan dengan berbagai satuan konsentras
- Mahasiswa mampu melakukan pembuatan larutan dengan berbagai satuan konsentras
- Coyne, GS. 1997. The Laboratory Companion, A Practical Guide to Materials, Equipment, and Technique. Canada: John Wiley & Sons, Inc
- Sanders S. 2018. Your Practical Guide to Basic Laboratory Techniques. Amerika: The American Association for the Advancement of Science
- Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah. 2011. Panduan Teknis Perawatan Peralatan Laboratorium Biologi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Tenzer, A., dan Setiowati, F.K.2016. Petunjuk Praktikum Teknik Laboratorium. Malang: Jurusan Biologi FMIPA UM
- Kasmui. 2013. Pengelolaan Laboratorium IPA. Semarang: Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang
- . Barker, K. 1998. A Laboratory Navigator. New York: Cold Spring Harbor Laboratory Press
- Brink, O.G., Flink, R.J. dan Sachri, S. 1984. Dasar-dasar Ilmu Instrumen. Jakarta: Bina Cipta.
- Jurusan Biologi Institut Teknologi Bandung. 1988. Panduan Penggunaan Peralatan Biologi. Bandung: ITB Press
- Nur, M.A., Rukmini, H. dan Adijuwana, H. 1989. Teknik Laboratorium untuk Bidang Biologi dan Kimia. Bogor: PAU IPB.
- Wirjosoemarto, K., Adisendjaja, Y.H., Supriatno, B., dan Riandi. 2004. Teknik Laboratorium. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI – IMSTEP JICA
- المعلم: Agung Wibowo
- الطلاب المسجلون: 28
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.