Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Matakuliah ini berisi: Konsep dasar pendekatan, metode, dan strategi dan inovasi pembelajaran BI sebagai bahasa asing; model-model PBA, serta problema penggunaan strategi PBA.


Capaian Pembelajaran
  • 3.1 Menguasai prinsip dan prosedur yang memadai tentang inovasi pembelajaran BI sebagai bahasa asing;

  • 3.2 Merancang pembelajaran BIPA yang efektif dan inovatif sesuai prinsip dan prosedur;

  • 3.3 Mengimplementasikan prinsip dan prosedur praktik pembelajaran inovatif BIPA.

Daftar Pustaka:
  • 1. Gass, Susan M, dkk. (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Benjamins Publishing Company.

  • 10. Orlich D, Harder R.C. Callahan and Harry W. Gibson. Teaching Strategies. Boston: Houghton Mifflin Comp.

  • 11. Sears, Susan. 2002. Contextual Teaching and Learning: A Primer for Effective Instruction. Bloomington: Phi Delta Kappa Educational Foundation.

  • 2. Suyitno, Imam. 2000. Pengembangan Materi Pembelajaran BIPA. Malang: UM.

  • 3. Suyitno, Imam. 2000. Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Kedua. Malang: UM.

  • 4. Arends, Richard I, 1998. Learning to Teach. Singapore: McGraw-Hill Book-Co.

  • 5. Brown, H. Douglas. 2001. Teaching by Principles. White Plain: Longman.

  • 6. C-Stars, College of Education, University of Washington August 2001—April 2002. Indonesia Teacher Training Project—The Washington State Consortium for CTL.

  • 7. Depdiknas, Nov. 2006. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) di TK dan SD. Jakarta: Depdiknas.

  • 8. Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching and Learning. Thousand Oaks: Corwin Press.

  • 9. Kellough, Richard D. and Kellough, Noreen G. 1999. Middle School Teaching: A Guide to Methods and Resources. Upper Saddle River, N. Jersey: Prentice-Hall, Inc.