Enrolment options
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi: Konsep dasar pendekatan, metode, dan strategi dan inovasi pembelajaran BI sebagai bahasa asing; model-model PBA, serta problema penggunaan strategi PBA.
Capaian Pembelajaran
3.1 Menguasai prinsip dan prosedur yang memadai tentang inovasi pembelajaran BI sebagai bahasa asing;
3.2 Merancang pembelajaran BIPA yang efektif dan inovatif sesuai prinsip dan prosedur;
3.3 Mengimplementasikan prinsip dan prosedur praktik pembelajaran inovatif BIPA.
1. Gass, Susan M, dkk. (eds.). 2002. Pedagogical Norms for Second and Foreign Language Learning and Teaching. Philadelphia: John Benjamins Publishing Company.
10. Orlich D, Harder R.C. Callahan and Harry W. Gibson. Teaching Strategies. Boston: Houghton Mifflin Comp.
11. Sears, Susan. 2002. Contextual Teaching and Learning: A Primer for Effective Instruction. Bloomington: Phi Delta Kappa Educational Foundation.
2. Suyitno, Imam. 2000. Pengembangan Materi Pembelajaran BIPA. Malang: UM.
3. Suyitno, Imam. 2000. Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Kedua. Malang: UM.
4. Arends, Richard I, 1998. Learning to Teach. Singapore: McGraw-Hill Book-Co.
5. Brown, H. Douglas. 2001. Teaching by Principles. White Plain: Longman.
6. C-Stars, College of Education, University of Washington August 2001—April 2002. Indonesia Teacher Training Project—The Washington State Consortium for CTL.
7. Depdiknas, Nov. 2006. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) di TK dan SD. Jakarta: Depdiknas.
8. Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching and Learning. Thousand Oaks: Corwin Press.
9. Kellough, Richard D. and Kellough, Noreen G. 1999. Middle School Teaching: A Guide to Methods and Resources. Upper Saddle River, N. Jersey: Prentice-Hall, Inc.
- Teacher: Peni D. Anggari