Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A-20FI
Deskripsi:
Mata kuliah ini mengkaji hakekat strategi pembelajaran, landasan pembelajaran, model, metode mengajar, dan berbagai keterampilan pembelajaran tak langsung (indirect instruction), Menganalisis langkah-langkah strategi pembelajaran tak langsung (indirect instruction) dan mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan strategi pembelajaran tak langsung (indirect instruction)
Capaian Pembelajaran
1. Memahami konsep dasar strategi pembelajaran efektif
2. Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran
3. Mengkaji landasan psikologis dalam pembelajaran
4. Memahami pendekatan cara belajar siswa aktif
5. Mengkaji pendekatan keterampilan proses
6. Memahami model pembelajaran
7. Mengkaji metode pembelajaran di SMK
8. Aplikasi strategi pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran
1. Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company
2. Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
3. Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
4. Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
5. Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press
6. Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
7. Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta
8. Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
- Teacher: Teti Setiawati