Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A-20FI
Deskripsi:
Mata kuliah ini mengkaji hakekat strategi pembelajaran, landasan pembelajaran, model, metode mengajar, dan berbagai keterampilan pembelajaran tak langsung (indirect instruction), Menganalisis langkah-langkah strategi pembelajaran tak langsung (indirect instruction) dan mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan strategi pembelajaran tak langsung (indirect instruction)
Capaian Pembelajaran
  • 1. Memahami konsep dasar strategi pembelajaran efektif

  • 2. Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran

  • 3. Mengkaji landasan psikologis dalam pembelajaran

  • 4. Memahami pendekatan cara belajar siswa aktif

  • 5. Mengkaji pendekatan keterampilan proses

  • 6. Memahami model pembelajaran

  • 7. Mengkaji metode pembelajaran di SMK

  • 8. Aplikasi strategi pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran

Daftar Pustaka:
  • 1. Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company

  • 2. Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

  • 3. Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

  • 4. Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

  • 5. Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press

  • 6. Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

  • 7. Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

  • 8. Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Guests cannot access this course. Please log in.