Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
ABC-ABC
Deskripsi:
Materi pembelajaran meliputi (1) hakikat Pembelajaran Bahasa Arab untuk anak, (2) tujuan Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak, (3) jenis-jenis strategi pembelajaran, meliputi: (a)berbagai jenis strategi pembelajaran dengan memanfaatkan strategi belajar model Oxford yang meliputi: strategi memori, strategi kognitif, strategi kompensasi, strategi metakognitif, strategi afektif dan sosial,dan penerapannya pada pembelajaran ALA, (b) strategi pemerolehan meliputi teknik bermain, menyanyi, dan bercerita; (c) strategi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan pendekatan saintifik, meliputi model pembelajaran koperatif, modeling, inquiri, berbasis masalah, berbasis projek
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa memahami berbagai strategi pembelajaran bahasa Arab untuk anak (ALA)
Mahasiswa mampu menerapkan berbagai strategi pembelajaran dalam proses belajar mengajar bahasa Arab untuk anak;
Mahasiswa mampu menulis makalah terkait dengan strategi pembelajaran dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa Arab untuk anak.
Effendy, Ahmad Fuad. 2004. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Penerbit Misykat
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014:MatapelajaranBahasa Arab SMA/SMK. Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik.
Nurhadi, Yasin, Senduk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Nurhidayati & Ridwan, Nur Anisah. 2014. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak. Malang: Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang.
Yani, Ahmad. 2013. Mindset Kurikulum 2013. Bandung: penerbit CV Alfabeta.
- Teacher: Nurhidayati Nurhidayati