Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
UNP-UNP
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji tentang pengertian evaluasi/ penilaian, penilaian dan pengukuran, fungsi evaluasi, taksonomi dalam evaluasi, acuan norma dan acuan patokan, teknik-teknik penilain, praktek penyusunan alat evaluasi/penilaian, analisis instrumen evaluasi hasil belajar.
Capaian Pembelajaran
Menguasai konsep dasar didaktik dan pedagogik untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran sejarah.
Mampu mengembangkan evaluasi yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter secara kritis, kreatif, inovatif dan kontekstual.
Mampu mengembangkan instrumen evaluasi berdasarkan kurikulum yang berlaku untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila yang valid dan reliabel.
Mampu menafsirkan dan membuat laporan hasil evaluasi pembelajaran.
Aman. 2011.Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak
Amirono & Daryanto. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Malang: Gava Media
Anderson, L.W & Krathwhol.2017.Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Budiningsih, A. 2008. Pembelajaran Moral. Jakarta: 2008
Muslich, M. 2011. Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Refika Aditama
Subali, S. 2016. Prinsip Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press
Subur.2015. Pembelajaran Nilai dan Moral Berbasis Kisah. Yogyakarta: Kalimedia
Widoyoko, S.P. 2018. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Pengajar: Lutfiah Ayundasari