Pilihan pendaftaran

Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
UNP-UNP
Deskripsi:

Matakuliah ini mengkaji tentang pengertian evaluasi/ penilaian, penilaian dan pengukuran, fungsi evaluasi, taksonomi dalam evaluasi, acuan norma dan acuan patokan, teknik-teknik penilain, praktek penyusunan alat evaluasi/penilaian, analisis instrumen evaluasi hasil belajar.


Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dasar didaktik dan pedagogik untuk merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran sejarah.

  • Mampu mengembangkan evaluasi yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter secara kritis, kreatif, inovatif dan kontekstual.

  • Mampu mengembangkan instrumen evaluasi berdasarkan kurikulum yang berlaku untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila yang valid dan reliabel.

  • Mampu menafsirkan dan membuat laporan hasil evaluasi pembelajaran.

Daftar Pustaka:
  • Aman. 2011.Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak


  • Amirono & Daryanto. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Malang: Gava Media


  • Anderson, L.W & Krathwhol.2017.Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


  • Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.


  • Budiningsih, A. 2008. Pembelajaran Moral. Jakarta: 2008


  • Muslich, M. 2011. Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Refika Aditama


  • Subali, S. 2016. Prinsip Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press


  • Subur.2015. Pembelajaran Nilai dan Moral Berbasis Kisah. Yogyakarta: Kalimedia


  • Widoyoko, S.P. 2018. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.