Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Topik-topik yang dibahas adalah sebagai berikut: (1) hakikat pendidikan bahasa dan sastra dalam pendidikan dasar; (2) hakikat pendidikan seni dalam pendidikan dasar; (3) pembelajaran seni berbahasa (language arts), yang terdiri atas membaca, menulis, mendengarkan, & berbicara; serta (4) pembelajaran seni musik dan seni visual dalam pendidikan dasar. Selain itu dibahas juga pengembangan kurikulum dan media pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
  • Mendemonstrasikan kemampuan analisis kritis dan mendalam serta pengembangan pendidikan bahasa dan sastra dalam pendidikan dasar.
  • Mendemonstrasikan kemampuan analisis kritis dan mendalam serta pengembangan pendidikan seni dalam pendidikan dasar.
  • 1. Mendemonstrasikan kemampuan analisis kritis dan mendalam serta pengembangan pendidikan bahasa dan sastra dalam pendidikan dasar. 2. Mendemonstrasikan kemampuan analisis kritis dan mendalam serta pengembangan pendidikan seni dalam pendidikan dasar.
Daftar Pustaka:
  • ACTFL Proficiency Guidelines. https://www.google.com/search?safe=strict&source=hp&ei=P_MjYN3iGJWE4t4P4f-t0AM&iflsig= AINFCbYAAAAAYCQBT6pg3vvuDHUav
  • Rancangan Pembelajaran Semester (RPS)
  • Aziz, Yek Amin. LANDASAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DARI PRA-KEMERDEKAAN SAMPAI SEKARANG DAN NILAI-NILAI PEMBELAJARANNYA. https://slideplayer.info/slide/2879129/Eisner, Elliot W., 2008.The Arts and the Creation of Mind, Yale University Press
  • Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) https://www.efset.org/id/cefr/
  • Irawan, Deddy (ed), 2017. Paradigma Pendidikan Seni, Yogyakarta: Thafa Media
  • Rohidi, Tjetjep Rohendi, 2014. Pendidikan Seni: Isu dan Paradigma, Semarang: Cipta Nusa Prima
  • Soehardjo, A.J., 2005. Pendidikan Seni: Dari Konsep Sampai Program, Malang: Jurusan Seni dan Desain FS-UM
  • UNESCO, 2006. “Road Map for Art Education”, The World Conference on Art Education Building Creative Capacity for 21st Century, Lisbon 6-9 March. http://www.unesco.org/new/fileadmin/MULTIMEDIA/HQ/CLT/CLT/pdf/Arts_Edu_RoadMap_en.pdf
  • UNESCO, 2005. Educating for Creativity: Bringing the Arts and Culture into Asian Education, Bangkok: UNESCO https://drive.google.com/drive/folders/13RK0t1Ba0FIgL-bwANZSOynFt3Ilspk2
  • Zein, Muchamad Subhan. 2012. Language Teacher Education for Primary School English Teachers in Indonesia: Policy Recommendations Thesis · December 2012. https://www.researchgate.net/publication/300909051