Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
F-F
Deskripsi:

Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri berdasarkan pengalaman belajar dari: (1) pemahaman wawasan dalam me-layout elemen visual melalui tahapan analisis terhadap media cetak, local content dan/atau county profile, serta mempunyai wawasan dalam menganalisa permasalahan yang sedang terjadi ke berbagai media cetak (advertising atau periklanan) dalam sesuai dengan kepentingan konsumen, (2) pengembangan dan mengolah ide gagasan yang disesuaikan dengan karakteristik jasa, produk, dan pemasaran, (3) penyampaian bahasa visual-verbal ke dalam isi pesan kepada kalayak sasaran, dan (4) implemetasi produk karya advertising atau periklanan dan sedang trend dapat menciptakan iklan layanan masyarakat yang berfungsi sebagai media komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat tersebut.


Capaian Pembelajaran
  •   Menentukan gagasan dalam memecahkan masalah tentang Media Perwajahan.

  • Menggali ide Media Perwajahan berbasis budaya Nusantara yang memiliki fungsi sebagai tempat produk, informasi, komunikasi, dan promosi.

  • Merancang Media Perwajahan berdasarkan unsur-unsur desain, prinsip-prinsip desain, dan tata letak perwajahan berdasarkan karakter media massa cetak

  • Menerapkan etika perancangan serta etika bisnis dalam merancang Media Perwajahan.

  • Rancangannya memiliki nilai tambah secara ekomomi terhadap media massa cetak.

  •   Memiliki kemampuan berkomunikasi secara personal dalam menginformasikan dan mempresentasikan karya Media Perwajahan yang dirancangnya.

Daftar Pustaka:
  • Batey, Ian. 2002. Asian Branding a Great Way to Fly. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

    Berger, Arthur Asa. 2000. Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer. Yogyakarta: Tiara Wacana

    Hakim, Budiman. 2006. Lanturan Tapi Relevan. Yogyakarta: Galang Press.

    Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga

    Lewis, Herschell Gordon. 1996. Iklan yang Efektif. Semarang: Dahara Prize

    Lowe, Brett William. 1993. Periklanan yang Efektif. Jakarta: Elex Media Komputindo.

    Mangkunegara, Anwar Prabu. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung: Refika.

    March, Marion. 1998. Creative Typography. Phaidon: Oxford

    Pujiyanto. 1997. Etika Rancangan Periklanan dalam Pangsa Pasar. Malang: IKIP Malang

    Quon, Mike. 1995. Corporate Graphics. Hong Kong: PBC International, Inc

    Rakhmat, Jalaluddin. 1998. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

    Sarwono, Jonathan. Hary Lubis. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi

    Sims, Nitzi. 1991. Sign Design. London: Thames and Hudson

    Sutherland, Max. Alice K. Syvester. 2005. Advertising and the Mind of the Consumer (Bagaimana mendapatkan untung berlipat lewat iklan yang tepat). Jakarta: Gramedia.

    Swann, Alan. 1989. Basic Design and Lay Out. Phaidon: Oxford

    Tjiptono, Fandy. 2005. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi

    Wheeler, Alina. 2003. Designing Brand Identity. America: Jhon Wiley & Sond, Inc