Pilihan pendaftaran
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
F-F
Deskripsi:
Mahasiswa
mampu menunjukkan kinerja mandiri berdasarkan pengalaman belajar dari: (1)
pemahaman wawasan dalam me-layout elemen visual melalui tahapan
analisis terhadap media cetak, local
content dan/atau county profile, serta mempunyai wawasan dalam
menganalisa permasalahan yang sedang terjadi ke berbagai media cetak (advertising
atau periklanan) dalam sesuai dengan kepentingan konsumen, (2)
pengembangan dan mengolah ide gagasan yang disesuaikan dengan karakteristik
jasa, produk, dan pemasaran, (3) penyampaian bahasa visual-verbal ke dalam
isi pesan kepada kalayak sasaran, dan (4) implemetasi produk karya advertising
atau periklanan dan sedang trend
dapat menciptakan iklan layanan masyarakat yang berfungsi sebagai media
komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat tersebut.
Capaian Pembelajaran
Menentukan gagasan dalam memecahkan masalah tentang Media Perwajahan.
Menggali ide Media Perwajahan berbasis budaya Nusantara yang memiliki fungsi sebagai tempat produk, informasi, komunikasi, dan promosi.
Merancang Media Perwajahan berdasarkan unsur-unsur desain, prinsip-prinsip desain, dan tata letak perwajahan berdasarkan karakter media massa cetak
Menerapkan etika perancangan serta etika bisnis dalam merancang Media Perwajahan.
Rancangannya memiliki nilai tambah secara ekomomi terhadap media massa cetak.
Memiliki kemampuan berkomunikasi secara personal dalam menginformasikan dan mempresentasikan karya Media Perwajahan yang dirancangnya.
Batey, Ian. 2002. Asian Branding a Great Way to Fly. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Berger, Arthur Asa. 2000. Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer. Yogyakarta: Tiara Wacana
Hakim, Budiman. 2006. Lanturan Tapi Relevan. Yogyakarta: Galang Press.
Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga
Lewis, Herschell Gordon. 1996. Iklan yang Efektif. Semarang: Dahara Prize
Lowe, Brett William. 1993. Periklanan yang Efektif. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung: Refika.
March, Marion. 1998. Creative Typography. Phaidon: Oxford
Pujiyanto. 1997. Etika Rancangan Periklanan dalam Pangsa Pasar. Malang: IKIP Malang
Quon, Mike. 1995. Corporate Graphics. Hong Kong: PBC International, Inc
Rakhmat, Jalaluddin. 1998. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sarwono, Jonathan. Hary Lubis. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi
Sims, Nitzi. 1991. Sign Design. London: Thames and Hudson
Sutherland, Max. Alice K. Syvester. 2005. Advertising and the Mind of the Consumer (Bagaimana mendapatkan untung berlipat lewat iklan yang tepat). Jakarta: Gramedia.
Swann, Alan. 1989. Basic Design and Lay Out. Phaidon: Oxford
Tjiptono, Fandy. 2005. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi
Wheeler, Alina. 2003. Designing Brand Identity. America: Jhon Wiley & Sond, Inc
- Pengajar: Andreas Syah Pahlevi